Komitmen Kewirausahaan Berkelanjutan, MarkPlus Institute Nobatkan UNDIP sebagai Entrepreneurial Marketing Campus for IMPACT 2025

UNDIP, Semarang (06/08) — Universitas Diponegoro kembali menunjukkan kiprahnya sebagai institusi pendidikan tinggi yang unggul dan berdampak. Dalam ajang Semarang Marketing Festival 2025 yang berlangsung di Hotel Santika Premiere pada Selasa, 05 Agustus 2025, UNDIP terpilih menerima penghargaan prestisius Entrepreneurial Marketing Campus for IMPACT 2025.

MarkPlus Institute memberikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan rekognisi terhadap perguruan tinggi yang dinilai berhasil mengimplementasikan nilai-nilai Entrepreneurial Marketing, yakni Creativity, Innovation, Entrepreneurship, dan Leadership (CI-EL), serta membawa dampak nyata bagi masyarakat luas.

Penobatan UNDIP sebagai Entrepreneurial Marketing Campus for IMPACT 2025 melalui proses seleksi ketat oleh MarkPlus Institute karena dianggap sebagai salah satu kampus yang konsisten mengintegrasikan semangat kewirausahaan yang berkelanjutan dan pemasaran baik dalam kegiatan akademik maupun pengabdian masyarakat.

Acara penghargaan berlangsung pada hari kedua festival yang mengusung tema Corporate Day: Sustainable Marketing in the AI Era. Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh drh. Dian Wahyu Harjanti, Ph.D., selaku Direktur Inovasi, Hilirisasi dan Kerja Sama UNDIP, mewakili Rektor Universitas Diponegoro.

Dalam kesempatannya, drh. Dian mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaan atas pencapaian UNDIP. “Penghargaan ini adalah bukti nyata komitmen UNDIP dalam membangun inovasi berkelanjutan yang berdampak luas, bukan hanya di ranah akademik, tapi juga sosial dan ekonomi. Kami terus mendorong kolaborasi lintas sektor dan menanamkan semangat kewirausahaan sejak dini kepada mahasiswa,” ujarnya.

“Di tengah perkembangan teknologi dan tantangan global, kami percaya bahwa pendekatan kewirausahaan yang inovatif dan berakar pada nilai-nilai lokal adalah kunci untuk menciptakan lulusan yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga adaptif, inovatif dan solutif serta mampu menjawab tantangan dunia nyata dengan pendekatan kreatif dan berdampak,” tegas drh. Dian.

Senada, Rektor UNDIP, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si ., juga menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas komitmen UNDIP dalam membangun ekosistem kewirausahaan yang adaptif, kreatif, dan berdampak. “Di era disrupsi, perguruan tinggi harus mencetak lulusan yang tak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga solutif dan inovatif melalui pendekatan kewirausahaan berbasis nilai lokal dan wawasan global,” ujarnya.

Semarang Marketing Festival merupakan bagian dari rangkaian Indonesia Marketing Festival (IMF) yang diselenggarakan oleh MarkPlus Institute di tujuh kota besar di Indonesia. Tahun ini, IMF memasuki babak transformasi dengan menghadirkan format yang lebih inklusif dan berdampak, mengusung misi besar untuk menjembatani dunia bisnis, industri, pemerintah, praktisi, profesional hingga akademisi dalam menghadapi tantangan pemasaran di era digital dan AI.

Dengan diraihnya penghargaan ini, UNDIP semakin memperkuat perannya sebagai institusi pendidikan tinggi yang tidak hanya bermartabat dalam capaian akademik, tetapi juga bermanfaat secara nyata dalam pembangunan berkelanjutan melalui pendekatan entrepreneurial marketing guna memberikan solusi bagi masyarakat dengan inovasi yang berdampak. (Komunikasi Publik/UNDIP/DHW)

Share this :