,

LPPM UNDIP Bekali Dosen KKN Melalui Training Of Trainer

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Diponegoro menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer Dosen Kuliah Kerja Nyata (KKN), Senin – Rabu/ 29 – 31 Mei 2023 di  Hotel Griya Persada Bandungan dan Penyegaran Materi Dosen KKN Selasa, 6 Juni 2023 di Aula Dekanat Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.

Menurut Ketua LPPM Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T., tujuan dari kegiatan Training of Trainer Dosen KKN Undip adalah untuk memberikan pengetahuan dalam proses pembimbingan KKN dari tahap pembekalan, survey, pembuatan program, pelaksanaan program dan evaluasi program.

“Dengan adanya kegiatan Training of Trainer ini diharapkan Dosen KKN dapat memberikan layanan akademik dan pengabdian kepada masyarakat dengan baik. Luaran dari kegiatan ini menghasilkan modul pembekalan KKN dan Dosen Pembimbing KKN yang bersertifikasi,” ungkapnya.

Senada dengan yang disampaikan Ketua LPPM Undip, Wakil Ketua LPPM Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat Prof. Dr. Rahayu, S.H., M.Hum. menambahkan bahwa KKN merupakan kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam konteks pemberdayaan masyarakat. KKN menjadi program yang secara efektif menambah daya kritis dan pengalaman bagi mahasiswa dalam bentuk yang nyata serta berdampak bagi masyarakat serta menjadi mata kuliah wajib di Universitas Diponegoro untuk mahasiswa pada setiap program studi di jenjang S1-Terapan dan S1.

Sementara Wakil Ketua LPPM bidang Penelitian Prof. Dr. Agus Subagio,S.Si.,M.Si. mengatakan, “program KKN ini dilakukan oleh mahasiswa yang telah menempuh minimal 100 sks lulus dan menjadi sarana pembelajaran yang nyata dan model implementasi ilmu yang didapat di perguruan tinggi untuk diberikan kepada masyarakat. Salah satu bagian dalam kegiatan KKN adalah keberadaan Dosen KKN. Untuk mendukung kelancaran dalam pelaksanaan KKN maka diperlukan peran Dosen KKN yang dapat membimbing dan mengarahkan mahasiswa dalam menjalankan kegiatan Kuliah Kerja Nyata agar sesuai dengan tujuan”.  (LW-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News