,

Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik UNDIP Selalu Mengikuti Perkembangan Teknologi

Hasil SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) 2023 telah diumumkan melalui portal resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) pada Selasa (20/6/2023). Bagi yang belum lolos melalui jalur SNBT, Universitas Diponegoro membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Mandiri (UM) S1 mulai 12 Mei s.d. 25 Juni 2023. Undip memiliki 120 program studi (prodi), dimana 15 prodi diantaranya sudah terakreditasi internasional. Salah satu prodi yang bisa jadi pilihan dan mempunyai prospek peluang kerja yang menjanjikan salah satunya adalah prodi Teknik Elektro.

Program Studi Teknik Elektro Universitas Diponegoro secara resmi berdiri 6 Desember 1982, telah terakreditasi A oleh BAN-PT dalam 5 periode berturut-turut sejak 1998, dan telah terakreditasi Unggul pada 2021. Selain itu, Teknik Elektro Undip juga telah memperoleh Akreditasi Internasional (General Accreditation) oleh IABEE pada 2021, sehingga lulusannya dianggap setara dengan lulusan dari kampus lain di luar negeri.

Didukung dengan fasilitas lengkap yang terdiri dari 7 (tujuh) lab pendidikan dan riset, dengan peralatan pendukung perkuliahan maupun penelitian yang terus diperbarui mengikuti perkembangan teknologi.

Aghus Sofwan, S.T., M.T., Ph.D. selaku Ketua Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik Undip menerangkan prodi Teknik Elektro memiliki 5 (lima) peminatan, yaitu Teknik Tenaga Listrik, Teknik Telekomunikasi, Elektronika, Teknik Kendali serta Teknologi Informasi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Mahasiswa mulai memilih peminatan pada semester 5.

Selanjutnya dijelaskan Teknik Tenaga Listrik mempelajari bidang rekayasa arus atau tegangan tinggi, mulai dari pembangkitan listrik, transmisi, distribusi, maupun pada pemanfaatan alat-alat dan mesin listrik. Sedangkan Teknik Telekomunikasi mempelajari sistem telekomunikasi serta pengolahan sinyal. Kemudian Teknik Elektronika mempelajari perancangan dan manufaktur rangkaian elektronika, termasuk komponen-komponen elektronik, sensor, instrumentasi dan sistem. Sedangkan Teknik Kendali mempelajari pemodelan sistem kendali dan otomasi, termasuk di dalamnya robotika, instrumentasi dan sistem kontrol untuk industri. Adapun Teknologi Informasi mempelajari perancangan dan penggunaan teknologi untuk pengelolaan dan pemanfaatan informasi, termasuk untuk aplikasi mobile dan data.

Secara spesifik, bidang kerja meliputi keteknikan yang melibatkan rekayasa listrik maupun pengolahan sinyal dan informasi, seperti di PLN, PT Telkom, perusahaan komponen dan perangkat elektronika (PT Polytron, PT. Borine Technology dll), PT Schneider dan banyak perusahaan IT. Selain itu, banyak alumni juga yang bekerja di bidang yang berdekatan dengan keteknikan, seperti di konsultan, perbankan dan lainnya.

Lulusan Undip adalah lulusan yang complete (communicator, professional, leader, thinker, entrepreneur) dan siap kerja. Terbukti Universitas Diponegoro menjadi kampus nomor satu yang lulusannya cepat mendapatkan pekerjaan versi QS WUR for Graduate Employbility Rangkings tahun 2021 dan 2022.

Salah satu alumni Fakultas Teknik prodi Teknik Elektro yakni FM Venusiana R., saat ini menjabat sebagai Direktur Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia. Saat diwawancara tim Humas Undip di sela kesibukannya pada Kamis (22/6), ia mengungkapkan kebanggaan lulus dari Undip, salah satu kampus terbaik di Indonesia. Ia menegaskan, “kuliah di Teknik Elektro Undip bukan sekedar meletakan landasan kompetensi yang kuat dalam Technical Thinking, tapi juga Framework Thinking secara End2End. Secara environment membentuk karakter yang high passion, tough, disiplin tetapi tetap andhap asor (rendah hati)”. (Tim Prodi Teknik Elektro/Ut-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News