, ,

Persiapan Karier Mahasiswa Tingkat Akhir dalam CV Preparation Training TRKI Sekolah Vokasi UNDIP 2023

Semarang – Himpunan Mahasiswa Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI)  Sekolah Vokasi Undip Bidang Riset dan Keilmuan, dalam fungsi pelayanan dan pengembangannya, yakni dengan memberikan wadah kepada seluruh Mahasiswa/i terkait riset keilmiahan. Salah satu program kerjanya yakni CV Preparation Training atau Pelatihan CV 2023 yang ditargetkan kepada seluruh Mahasiswa/i TRKI yang sedang menempuh semester akhir. Acara ini telah sukses dilaksanakan dengan lancar, secara luring pada 15-16 Juli 2023. Dengan serangkaian pemaparan materi, konsultasi Curriculum Vitae (CV) dan surat lamaran kerja, praktik Focus Group Discussion (FGD) dan Interview, serta Business Case. Bersama pembicara yang sangat luar biasa, Ir. Jahnawi Tri Wasisto, MBA, selaku CEO & President Director PT Elno Tech Mubarac.

Mengusung tema “Built Your Personal Branding, Through Resume and Job Interview”, Ketua Pelaksana Malika Pintanada mengungkapkan bahwa tujuan dilaksanakannya pelatihan CV ini yaitu agar Mahasiswa/i paham bagaimana cara menyusun CV dan surat lamaran kerja yang baik dan benar, serta sebagai wadah mahasiswa untuk berlatih dalam wawancara kerja.

“Adanya keterbutuhan Mahasiswa/i terkait persiapan melanjutkan karier, setelah menempuh pendidikan sebagai Sarjana Terapan. Serta menengok begitu besarnya persaingan meliputi skill, pengalaman, dan kesiapan mental di dunia kerja, menjadi hal yang mendasar diadakannya acara ini. Antusiasme peserta turut menambah nilai plus,” kata Zaki, Mahasiswa TRKI Sekolah Vokasi Undip Angkatan 2019.

Sebelumnya, CV dan surat lamaran training hanya 10% yang sudah sesuai dengan ATS friendly dan sesuai job analysis. Namun, setelah dilakukannya pelatihan CV ini, sudah hampir 95% sesuai dengan training expectancy. 5% masih ada yang perlu disesuaikan dengan soft dan hard skills yang diminta oleh job requirement. “Overall, perjalanan acara 2 hari ini saya rasa sukses, tepat waktu, saya senang dengan hal tersebut. Dan seperti tahun lalu, acara ini sangat besar dampaknya bagi mahasiswa, setelah training diadakan peserta mampu dan lebih paham dalam menyusun surat lamaran kerja, Curriculum Vitae, hingga lolos pada sesi interview serta paham tip dan trik-nya, terlebih FGD dan Psikotes.  Perlu ditingkatkan pula communication skill dan berbahasa inggris pada most question and answer,” ucap Jahnawi, selaku pemateri.

Antusiasme mahasiswa yang luar biasa membuat acara ini sukses dijalankan. Suksesnya acara ini diakhiri dengan terpilihnya 3 mahasiswa yang berkesempatan langsung untuk dibimbing oleh Bapak Jahnawi. Sama dengan tahun sebelumnya, kesempatan berharga ini dilakukan sampai mahasiswa yang terpilih tersebut berhasil mendapatkan pekerjaan.

Malika berharap dengan diadakannya CV Preparation Training 2023 ini, para peserta mampu mendapat pemahaman dan memperluas wawasan mengenai CV, Surat Lamaran Pekerjaan, dan Interview dalam menghadapi persiapan dunia kerja masa kini.  Selain itu, dengan diadakannya acara ini, Malika berkeinginan ingin memberikan pembekalan diri kepada masing-masing peserta guna menunjang kesiapan mahasiswa dalam memasuki dunia kerja.

Share this :

Category

Arsip

Related News