, ,

Asesmen Lapangan oleh Tim Asesor LAM INFOKOM dalam rangka Visitasi Akreditasi S1 Informatika FSM UNDIP

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi maka Akreditasi dapat dilakukan oleh BAN-PT maupun Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM). Mutu sebuah Perguruan Tinggi ditentukan oleh kualitas manajemen yang ada dalam sebuah Perguruan Tinggi yang ditentukan oleh berbagai kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan, begitu juga halnya dengan mutu sebuah jurusan atau program studi.

Penentuan mutu dari sebuah program studi ditentukan melalui kriteria yang didasarkan pada Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) yang pada implementasinya melalui adanya sebuah kegiatan yang disebut Akreditasi Program Studi. Salah satu yang mengakreditasi program studi S1 Informatika adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM).

Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer (LAM INFOKOM) melaksanakan asesmen lapangan secara luring terhadap Program Studi S1 Informatika FSM Undip dengan menghadirkan dua orang asesor Prof. Dr .Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. (Institut Pertanian Bogor) dan Dr. Ir.  Petrus Mursanto, M.Sc. (Universitas Indonesia) pada Kamis, 20 Juli 2023.

Pelaksanaan asesmen lapangan yang dilaksanakan selama dua hari di Gedung Acintya Prasada lt.4 dibuka oleh Dr. Farikhin, S.Si., M.Si., Ph.D. selaku Wakil Dekan I FSM dengan dihadiri oleh Wakil Dekan II, Ketua LP2MP, Pimpinan FSM, Pimpinan Departemen dan  Prodi, Tim Akreditasi dan Undangan, Pengelola Sistem Informasi (Ketua UP2TI), Ketua UP3ST, Manajer dan supervisor beserta mahasiswa, alumni dan tamu undangan.

Wakil Dekan I menyampaikan ucapan selamat datang dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada asesor (LAM INFOKOM) yang telah hadir. Beliau berharap dengan asesmen lapangan tersebut penilaian yang diperoleh Prodi S1 Informatika dapat menunjukkan bagaimana kualitas prodi dalam rangka meningkatkan mutu.

Hari pertama visitasi asesor di Fakultas Sains dan Matematika Undip diawali dengan pembukaan asesmen, pengenalan panel asesor, pembacaan dan penandatanganan Pernyataan. Selanjutnya proses asesmen lapangan sesi visitasi dikhususkan untuk dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dilanjutkan konfirmasi dengan Pimpinan UPPS terkait kebijakan makro pengembangan UPPS, sistem tata pamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan. Konfirmasi data LKPS/Excel data UPPS/Prodi, Sesi dengan Pelaksana Penjaminan Mutu Internal terkait konfirmasi pelaksanaan hasil dan efektivitas SPMI yang meliputi siklus PPEPP, pengecekan dokumen standar manual, instrument/tools, laporan berkala serta bukti tindak lanjut SPMI. Setelah selesai melakukan konfirmasi dengan tim penjaminan mutu, dilanjutkan konfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) bersama tim akreditasi Prodi. Tidak hanya itu, pada pelaksanaan asesmen lapangan tersebut juga dilaksanakan sesi wawancara dengan tim dosen dan tendik, mahasiswa perwakilan prodi Informatika dan komputer, serta alumni.

Sesi Asesmen Lapangan untuk melakukan pengecekan langsung terhadap sarana dan prasarana yang ada pada Prodi S1 Informatika seperti kelengkapan laboratorium yang digunakan untuk praktek mahasiswa dalam pembelajaran serta melakukan riset. Tim asesor ditemani jajaran pimpinan dekanat dan kepala lab mengunjungi satu persatu laboratorium S2 Matematika dengan mengecek kelengkapan disetiap lab yang berbeda fungsinya seperti Laboratorium Komputasi, Ruang Mukim AP lt 4, Ruang Kelas, Ruang Dosen AP Lt. 3, Perpustakaan dan sebagainya. Tidak hanya itu, tim asesor juga menghampiri dan melontarkan beberapa pertanyaan kepada mahasiswa yang ada di perpustakaan mengenai jaringan internet yang ada di perpustakaan.

Pada sesi terakhir tim asesor melakukan kerja mandiri untuk menyiapkan draft berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi. Setelah penyampaian hasil rekomendasi, asesmen lapangan ditutup dengan pengecekan dan pembacaan berita acara kepada pimpinan UPPS serta penandatanganan berita acara Asesmen Lapangan dan Penyampaian Rekomendasi Hasil Akreditasi. (Yeye)

Sumber: fsm.undip.ac.id

Share this :

Category

Arsip

Related News