, ,

Teknik Sipil UNDIP Bekali Sertifikasi Tenaga Ahli Konstruksi

Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia termasuk di dalamnya Tenaga Kerja Konstruksi merupakan salah satu tujuan Pembangunan Nasional Indonesia. UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi mengamanatkan bahwa seluruh tenaga kerja konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja.

Untuk itu Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah dan DPD Asosiasi Tenaga Ahli Konstruksi Nasional (ATAKNAS) Jawa Tengah mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Ahli Konstruksi untuk Fresh Graduate Tahun 2023.

Sebanyak 100 peserta freshgraduate menjalani pelatihan luring sejak 24-27 Juli 2023, diikuti dengan pembelajaran & uji materi SIBIMA secara daring, dan diakhiri dengan uji kompetensi, yang terdiri dari 3 bidang jabatan kerja, meliputi: Teknik Bangunan Gedung; Teknik Jalan; dan K3 Konstruksi.

Ketua Departemen Teknik Sipil Undip, Prof. Jati Utomo Dwi Hatmoko menekankan pentingnya kegiatan ini untuk membekali para lulusan sehingga dapat membuka pintu untuk peluang karir yang lebih baik dalam industri konstruksi, serta meningkatkan keandalan dan profesionalisme dalam industri konstruksi.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. M Agung Wibowo berharap bahwa hasil dari sertifikasi tenaga ahli Konstruksi ini nantinya dapat meningkatkan standar kualitas kerja yang tinggi dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi yang merupakan industri berisiko tinggi, memiliki pemahaman yang baik tentang praktik keselamatan kerja dan prosedur yang benar, serta mengurangi risiko kecelakaan dalam pekerjaan konstruksi.

Share this :

Category

Arsip

Related News