, ,

Kirab Budaya dan Pertunjukkan Sastra Semarakkan Momen Dies Natalis ke – 58 Sastra Indonesia UNDIP

Perayaan Dies Natalis ke–58 Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro tahun 2023 berlangsung sangat meriah dengan bertemakan Gema Budaya. Para dosen dan mahasiswa sangat antusias dalam menyambut perayaan Dies Natalis pada kali ini. Semangat perayaan ditunjukkan dengan para mahasiswa dan dosen yang mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah menggemakan salam budaya dari seluruh daerah di Indonesia.

Rangkaian selebrasi Dies Natalis ke–58 Sastra Indonesia Undip berlangsung pada 21-26 Agustus 2023 di Fakultas Ilmu Budaya Undip. Acara yang digelar meliputi Kirab Budaya, Grebeg Sastra, Gelanggang Sastra, Atraksi Budaya, Pasar Jajanan, Temu Alumni, Ketoprak Kolaborasi, Lakon “Darpo Kayun” dan sebagainya yang menjadikan acara Dies Natalis ini semakin meriah dan unik.

Setelah sekian lama momen Dies Natalis ini tidak dirayakan secara meriah, menjadikan tahun ini adalah tahun yang spesial bagi para warga FIB Undip karena acara terbuka untuk seluruh warga FIB dan Undip bukan hanya dari Sastra Indonesia Undip.

Pembukaan acara pada Senin, 21 Agustus 2023 di Crop Circle FIB Undip, mahasiswa Sasindo FIB Undip mengawali acara dengan Kirab Budaya mengenakan pakaian adat daerah dan berjalan dari Gedung ICT sampai ke FIB (Fakultas Ilmu Budaya) Undip. Sesampainya di FIB Undip, acara diresmikan secara simbolis oleh pimpinan fakultas dengan Pelepasan Merpati. Pelepasan dua merpati putih yang bernama Sasindo dan Sasindi ini adalah salah satu bagian acara simbolis yang ada dalam serangkaian acara Kirab Budaya ini. Acara pada hari tersebut juga dimeriahkan oleh pertunjukan kuda lumping yang merupakan bentuk pelestarian budaya Indonesia yang harus dilestarikan oleh para generasi muda. Selain itu, puncak acara ini adalah adanya Grebeg Sastra yang memberikan buku secara gratis dan juga flash mob yang diikuti oleh seluruh mahasiswa FIB.

“Dari manapun kita berada, kita semua harus sangat aktif dalam mengekspresikan kebudayaan. Karena kebudayaan inilah yang dapat memberikan pesan kepada kita,” ucap Dr. Sukarjo Waluyo, S.S., M. Hum., Kaprodi Sasindo Undip dalam sambutannya.

Memberikan dukungan penuh dalam acara sarat kebudayaan ini, Dekan FIB Undip Dr. Nurhayati, M.Hum menyemangati para mahasiswa untuk meningkatkan semangat literasi, “Budaya membaca sekarang ini semakin surut, maka dari itu harus diimbangi dengan budaya membaca dengan benar.”

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Penelitian LPPM Undip, Prof. Dr. Agus Subagio, S.Si., M.Si. mengungkapkan acara Dies Natalis ini sangat didukung oleh LPPM sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Kemeriahan ini diharapkan dapat menggugah jiwa mahasiswa dan seluruh masyarakat Undip untuk terus menjunjung tinggi kebudayaan Nusantara, yang salah satu bentuknya yakni mengenakan atribut kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari. (Titis/Nadella – Public Relations)

Share this :

Category

Arsip

Related News