, ,

Teknik Sipil UNDIP Kerjasama Penelitian dengan Peneliti Jerman

Dalam rangka melaksanakan visi menjadi Universitas Riset yang Unggul, Universitas Diponegoro menggandeng Technische Universität Dresden (TU Dresden), Jerman. Melalui kegiatan Visiting Professor yang merupakan salah satu program World Class University, Undip berhasil mengundang Univ.-Prof. Dr.-Ing. habil. Michael Kaliske dari Institut für Statik und Dynamik der Tragwerke (Institute for Structural Analysis) TU Dresden untuk melaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya yaitu penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Undip dan TU Dresden, Kuliah Tamu, dan pemaparan progres penelitian PDUPT (BIMA) yang beliau merupakan mitra di penelitian tersebut.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Undip Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T., Dekan Fakultas Teknik Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D., dan Ketua Departemen Teknik Sipil Undip, Prof. Jati Utomo Dwi Hatmoko, S.T., M.M., M.Sc., Ph.D. menyambut dengan hangat Univ.-Prof. Dr.-Ing. habil. Michael Kaliske dalam kegiatan Visiting Professor WCU, beliau berharap bahwa kerjasama dengan TU Dresden tidak terbatas hanya penelitian di bidang Teknik Sipil saja, melainkan selanjutnya bisa merambah ke berbagai disiplin ilmu dan berbagai kegiatan. Pada kesempatan itu, ditandantangani juga MoA oleh Univ.-Prof. Dr.-Ing. habil. Michael Kaliske dan Prof. Ir. M. Agung Wibowo, M.M., M.Sc., Ph.D., keduanya juga berdiskusi mengenai wacana program kerjasama berikutnya dengan TU Dresden.

Dalam kesempatan itu, hadir juga Ketua Program Studi S1 Teknik Sipil, Prof. Bagus Hario Setiadji, S.T., M.T., Ph.D. Ia memaparkan program Internasional Undergraduate Program Undip yang selanjutnya diharapkan juga akan mengadakan kegiatan kolaborasi dengan TU Dresden. Tidak hanya terbatas pada kerjasama penelitian, Undip juga akan merekomendasikan alumni-alumni terbaiknya untuk menempuh studi lanjut di TU Dresden, serta memberikan kesempatan kepada dosen untuk mengikuti program sabbatical selama satu bulan di TU Dresden untuk memperdalam penelitian dan publikasi ilmiah.

Share this :

Category

Arsip

Related News