, ,

ILO dan UNDIP Perkuat Kolaborasi dengan Penandatanganan MoU Kerjasama

International Labor Organization (ILO) melaksanakan penandatanganan MoU Komitmen Kerjasama dengan Universitas Diponegoro (Undip) pada Selasa 29 Agustus 2023, bertempat di Ruang Sidang Rektor. Dari  Universitas Diponegoro diwakili oleh Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., sementara dari ILO diwakili oleh Michiko Miyamoto, Direktur Kantor ILO untuk Indonesia dan Timor Leste.

Kerjasama antara Undip dan ILO akan membuka kesempatan di bidang pendidikan, orientasi kebijakan dan pengalaman praktik ketenagakerjaan berkaitan dengan masalah-masalah yang dihadapi tenaga kerja. Seperti pekerja di bawah umur, kerja paksa, diskriminasi, kurangnya representasi pekerja, hingga proses rekrutmen yang adil.

Sebelum penandatanganan ini dilakukan, ILO telah menyelenggarakan acara kick off Program Kampanye Promosi Pekerjaan Layak di sektor Perikanan pada bulan Maret 2023 lalu di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip. Dalam acara tersebut, Undip ditunjuk oleh ILO sebagai leading university di Indonesia dalam konteks Promosi Pekerjaan Layak di Sektor Perikanan.

Dalam acara penandatanganan ini, Michiko Miyamoto mengatakan bahwa ILO telah menyiapkan beberapa pelatihan untuk mendukung kerja sama ini. “Kami telah menyiapkan beberapa pelatihan baik untuk mahasiswa, dan juga untuk universitas. Juga bagi siapapun yang tertarik mengikuti pelatihan,” katanya.

Rektor Universitas Diponegoro menambahkan bahwa kerja sama ini perlu ditingkatkan agar terjalin  semakin kuat. “Banyak kegiatan yang dihasilkan dari kerja sama ini, khususnya kerja sama dengan FEB. Meski begitu, kita masih harus memperluas bidang kerja sama dengan fakultas lainnya untuk menguatkan kerja sama antara Undip dan ILO,” ungkap Prof Yos.

Acara ditutup dengan saling memberikan cindera mata atas kerja sama yang sudah ditandatangani. (Hng-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News