, ,

Dosen ELTE University Hungaria Isi Kuliah Umum Terkait Kompetensi Interkultural di SV UNDIP

Program studi S.Tr. Bahasa Asing Terapan, Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro mengadakan kuliah umum dengan tema “Mastering Intercultural Competence in Global Business” belum lama ini. Pembicara pada kuliah umum adalah Aron Laki dari ELTE University, Hungaria. Mr. Aron Laki merupakan akademisi yang menekuni ilmu kebudayaan dan kebahasaan. Acara kuliah umum ini dipandu oleh mahasiswa Bahasa Asing Terapan, Ghanim Faheema Damayanti selaku pewarta, serta Ghina Humaira Nurvan, selaku moderator.

Peserta kuliah umum ini diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi Bahasa Asing Terapan angkatan 2021 dan 2022 sebagai bekal untuk menambah wawasan serta pemahaman peserta didik terhadap keanekaragaman budaya global dalam keadaan dunia yang terus berkembang. Selain itu, mahasiswa diharapkan mengerti bagaimana menyikapi gebrakan globalisasi yang cukup banyak mempengaruhi entitas kebudayaan lokal.

Acara kuliah umum dibuka oleh Kepala program studi S.Tr. Bahasa Asing Terapan Sriwahyu Istana Trahutami, S.S., M. Hum. Dalam sambutannya, Sriwahyu Istana mengatakan, “melalui kuliah umum ini, mahasiswa Bahasa Asing Terapan diharapkan memiliki pemahaman akan kebudayaan dan keanekaragaman budaya, serta mengetahui cara menghadapi keanekaragaman tersebut selaras dengan perkembangan zaman”.

Dalam kuliah umum tersebut, Mr. Aron Laki menyampaikan materi mengenai kebudayaan, sejarah dan persebaran budaya, perbedaan budaya antarnegara, tips menghadapi keanekaragaman budaya, serta diakhiri oleh sesi tanya – jawab. Poin penting dari pemaparan Mr. Aron adalah bahwa jangan takut untuk belajar mengenal kebudayaan atau bahasa baru.

Selain buku, bahasa juga merupakan jendela dunia. Melalui kemahiran bahasa yang beraneka ragam, kita mampu mendapat dua atau tiga kali lebih banyak informasi daripada hanya memahami satu bahasa. “Kelilingilah dirimu dengan bahasa yang ingin kamu pelajari setiap hari. Jangan pernah lelah untuk terus mengulangi hal yang kamu tidak tahu pada bahasa yang ingin kamu pelajari,” pungkasnya. (SDGs SV Undip)

Share this :

Category

Arsip

Related News