, ,

Terus Mengukir Prestasi, Mahasiswa IISMA UNDIP 2023 Sukses Kenalkan Budaya Indonesia di Negeri Ceko

Semarang – Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2023 awardees dari Universitas Diponegoro (Undip) sukses memperkenalkan budaya Indonesia pada kancah internasional di Palacký University Olomouc, Ceko (19/10) pada sebuah kegiatan National Presentation yang diinisiasi oleh Erasmus Student Network (ESN).

Pada kegiatan tersebut, awardees IISMA 2023 dari Undip berperan sebagai duta budaya Indonesia. Mereka memaparkan kekayaan budaya tanah air mulai dari pakaian tradisional Indonesia (batik), makanan tradisional, hingga bahasa. Salah satu awardee juga mengajarkan bahasa Indonesia kepada para mahasiswa yang hadir, seperti “Apa kabar?” dan “Terima kasih”. Tidak hanya itu, awardee IISMA 2023 Undip juga mempersembahkan tarian Bali. Fathia Khaerani (Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi) atau biasa disapa Cia, menampilkan gerakan tari yang rampak, dilengkapi dengan atribut dan aksesoris khas Bali.

Fathia Khaerani, salah seorang awardee IISMA Undip 2023 berharap melalui penampilan yang disajikan kepada mahasiswa di Palacký University Olomouc dapat memperkenalkan budaya Indonesia yang beragam di kancah dunia. “Kami berharap, lewat penampilan yang telah kami sajikan, dapat memperkenalkan budaya Indonesia di kancah yang lebih besar, yaitu kancah internasional”.

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Undip, Anggun Puspitarini Siswanto, S.T., Ph.D.  menyampaikan apresiasinya kepada awardees yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara tersebut. “Melalui kegiatan ini, mahasiswa IISMA Undip 2023 berhasil membuktikan bahwa keindahan dan keragaman budaya Indonesia mampu menembus batas geografis. Para awardees tidak hanya menjadi wakil Indonesia yang membanggakan, tetapi juga berperan sebagai jembatan kebudayaan antara Indonesia dan mahasiswa internasional pada lingkup yang lebih besar,” ucapnya. (AH)

Share this :

Category

Arsip

Related News