, ,

Mengenal Lebih Dekat Kampus PSDKU UNDIP di Rembang

Universitas Diponegoro (Undip) merupakan kampus terbesar dan terbaik di Jawa Tengah. Nama besar dan prestasi Undip telah akrab di  masyarakat luas. Dikenalnya Undip menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia tidak lepas dari peran media. Selain memiliki kampus utama yang ada di kota Semarang, Undip juga memiliki Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Undip yang berdiri di Batang, Rembang, dan Pekalongan.

Dalam upaya lebih mendekatkan Kampus PSDKU Undip di Kota Rembang kepada masyarakat, Biro Komunikasi dan Bisnis Undip menggelar kegiatan Media Exploring Kampus PSDKU Undip di Kota Rembang pada Rabu, 08 November 2023. Acara tersebut turut dihadiri Kepala Biro Komunikasi Dan Bisnis, Manajer Bagian Layanan Terpadu dan Hubungan Masyarakat, dan Manajer Tata Usaha PSDKU, serta turut mengundang beberapa media lokal dan nasional.

Kepala Biro Komunikasi Dan Bisnis Ratna Wahyu Setyaningtyas, S.H., M.Si. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Undip akan terus bekerja sama dan berdampingan dengan media. “Hari ini kami memperkenalkan Kampus PSDKU Undip di Kota Rembang. Silahkan teman-teman media bisa berkeliling kampus untuk melihat bagaimana dosennya, mahasiswanya, dan fasilitasnya. Kita juga sudah mempunyai rencana untuk memperkenalkan Kampus PSDKU Undip di Kota Batang dan Pekalongan kepada teman-teman media, sehingga bisa turut mengenalkan kampus-kampus tersebut kepada masyarakat sekitar,” kata Ratna.

Lebih lanjut Ratna berharap kegiatan serupa dapat menjadi kegiatan rutin untuk mengenalkan kampus Undip yang ada di beberapa kota. “Teman-teman media adalah partner kami, jadi kedepannya kita akan mengaktifkan kegiatan seperti ini lagi, dan menggandeng teman-teman media juga, sehingga dapat memperkenalkan kepada masyarakat sekitar bahwa di Undip memiliki Kampus PSDKU,” ujar Ratna.

Kampus PSDKU Undip di Kota Rembang saat ini memiliki 2 (dua) program studi yaitu program studi D3 Manajemen dan program studi S1 Administrasi Publik. Selain itu, Kampus PSDKU Undip di Kota Pekalongan memiliki prodi D3 Perencanaan Tata Ruang Wilayah dan Kota (PTRWK) dan prodi D3 Akuntansi Kampus. Sedangkan Kampus PSDKU Undip di Kota Batang mempunyai prodi D3 Administrasi Pajak dan D3 Hubungan Masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Manajer TU PSDKU Sukmana Yudya, S.Si., menjelaskan bahwa Kampus PSDKU Undip di Kota Rembang memiliki mahasiswa dari berbagai daerah. “Terdapat sekitar 250 mahasiswa D3 Manajemen dan sekitar 400 mahasiswa S1 Administrasi Publik. Mahasiswa di Kampus PSDKU Undip di Kota Rembang ini berasal dari daerah sekitar, kemudian ada dari Jakarta, Sumatera, dan Madiun Jawa Timur juga ikut kuliah di sini,” jelasnya.

Kampus PSDKU Undip di Kota Rembang pada tahun ini pertama kali mengikutsertakan mahasiswa S1 Administrasi Pubik untuk KKN. Kegiatan KKN yang diatur oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) itu menempatkan mahasiswa di daerah sekitar Kota Rembang.

Sukmana menambahkan Kampus PSDKU Undip di Kota Rembang memiliki lahan seluas 15 hektare yang merupakan hibah dari Pemerintah Daerah Rembang. Hingga kini Undip terus melakukan pengembangan bangunan dan bekerja sama dengan berbagai pihak.

“Kampus PSDKU Undip di Kota Rembang membangun sarana kuliah dan juga penunjang kuliah, misalnya laboratorium komputer, co-working space di rooftop lantai 3 (tiga). Selain itu juga sedang membangun area parkir dan gazebo untuk sarana diskusi/co-working space,” terang Sukmana.

Gedung Kampus PSDKU Undip di Kota Rembang terdiri dari 3 (tiga) lantai. Lantai 1 (satu) meliputi Lab PC, Ruang Dosen D3 Manajemen, Ruang S1 APR, Ruang Admin, Ruang Kelas 103. Lantai 2 (dua) terdiri dari Ruang Kelas 201, Ruang Kelas 202, Ruang Perpustakaan, Ruang Sidang, Ruang Rapat S1 APR, Ruang Kelas 204 dan Ruang Kelas 205. Kemudian lantai 3 (tiga) meliputi Ruang kelas 301 dan Ruang Mushola. Sedangkan di bagian rooftop memiliki kantin dan Ruang Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

Biro Komunikasi dan Bisnis Undip bersama dengan beberapa media lokal dan nasional saat menggelar kegiatan Media Exploring Kampus PSDKU Undip di Kota Rembang, Rabu (08/11).
Share this :

Category

Arsip

Related News