, ,

UNDIP dan Kementerian Pertahanan Tandatangani MoU Kerjasama Peningkatan Sistem Pertahanan

Universitas Diponegoro (Undip) adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia. Prestasi dan sebutan sebagai salah satu kampus terbaik ini didukung oleh peningkatan mutu tenaga pendidik, fasilitas pendidikan, kualitas pembelajaran, dan peran serta Undip pada kemajuan daerah, bangsa, dan negara. Salah satu peran Undip pada bangsa dan negara direalisasikan pada Kamis, 23 November 2023, dengan dilaksanakannya penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) Kerjasama antara Undip dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Penandatanganan MoU dilaksanakan di Gedung Widya Puraya Universitas Diponegoro yang dihadiri oleh Dirjen Kuathan Kemhan, Bapak Laksda TNI. Dr. Bambang Irwanto, M.Tr(Han)., CHRMP beserta jajaran, Direktur Sumber Daya Manusia Direktorat Jenderal Kekuatan Pertahanan Kemhan RI, Brigjen TNI Hendy Antariksa beserta jajaran, dan Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H, M.Hum., beserta jajaran.

Penandatanganan nota kesepakatan bersama antara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan Undip ini dilakukan untuk meresmikan kerjasama Undip dengan Kemenhan dalam bidang pendidikan, pelatihan, pengabdian, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pertahanan, serta pengkajian mengenai pembangunan dan pengembangan industri pertahanan. Kesepakatan bersama ini berlaku selama 5 tahun sejak 23 November 2023 dan dapat diperpanjang atas persetujuan kedua belah pihak.

Dirjen Kuathan Kemhan, Bapak Laksda TNI. Dr. Bambang Irwanto, M.Tr(Han)., CHRMP setelah penandatanganan MOU Kerjasama memberikan sambutannya. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan banyak terimakasih kepada Universitas Diponegoro yang sudah menerima kerjasama ini. Bambang mewakili Kementerian Pertahanan berharap kerjasama ini dapat berdampak baik bagi kemajuan Republik Indonesia khususnya dalam peningkatan sistem pertahanan. Mengingat jumlah personil TNI bisa dibilang tidak sebanding dengan luas wilayah dan jumlah penduduk di Indonesia. Oleh karenanya kerjasama dengan pihak sipil, peneliti, dan pihak-pihak lain sangat dibutuhkan.

“Semoga kerjasama ini dapat mendorong pertukaran informasi dan riset antara Kementerian Pertahanan dan Undip, serta turut memperkuat sistem pertahanan Republik Indonesia”, ucap Dirjen Kuathan Kemhan RI, Dr. Bambang Irwanto, M.Tr(Han)., CHRMP.

Kedatangan Kementerian Pertahanan disambut hangat oleh civitas academika Undip . Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH, M.Hum. mengatakan, “kami berharap, kerjasama ini tidak hanya bermanfaat bagi kita, namun juga bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara”. Lebih lanjut Prof Yos menyampaikan akan memberikan bantuan dalam bidang apapun yang dibutuhkan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, seperti bidang kesehatan, politik, dan lain-lain. (Boby-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News