, ,

RSND UNDIP Ajak Mahasiswa Hidup Sehat dengan “SKENA”

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP), Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) bekerja sama dengan tim Kampanye Public Relations, Mahasiswa Ilmu Komunkasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNDIP menyelenggarakan acara “SKENA: Senam Kebugaran Energik dan Ngobrol Asyik”. Acara ini diselenggarakan di halaman dan ruang tunggu poliklinik rawat jalan RSND pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Peserta pada kegiatan ini adalah mahasiswa dari berbagai Fakultas di Universitas Diponegoro. Rangkaian kegiatan dimulai dengan senam kebugaran yang dipandu oleh instruktur, yang kemudian dilanjutkan dengan talkshow bertema “Pola Hidup Sehat Sebagai Langkah Awal Mencegah Penyakit dan Burnout pada Mahasiswa”, dan diakhiri dengan Pemaparan Pelayanan Kesehatan di RSND sekaligus hospital tour.

“Layanan kesehatan merupakan layanan yang sangat penting. Prosedur mengakses layanan kesehatan menjadi penting dan menjadi proyek dalam kegiatan komunikasi kali ini. Kegiatan ini bertujuan agar kita semua menjadi anak muda yang terkomunikasi layanan kesehatan dengan baik,” jelas S Rouli Manalu, S.Sos., MCommSt., Ph.D. sebagai Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi dalam sambutannya.

Sementara dr. Teddy Wahyu Nugroho, M.Kes., Direktur Keuangan dan SDM RSND menyatakan bahwa mahasiswa dapat memanfaatkan RSND sebagai sumber untuk belajar apapun terkait kesehatan. Ia menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya sekaligus dalam rangka membuka acara secara resmi.

“Pengaturan berat badan yang paling penting adalah mencegah obesitas. Hal ini karena selain secara kosmetika tidak menarik, pasti ada risiko kesehatan yang harus ditanggung setelahnya. Maka mempertahankan berat badan menjadi penting untuk menjaga tubuh agar sehat dan bugar. Hal yang bisa dilakukan adalah memperbaiki gaya hidup seperti makan dengan pola gizi seimbang, olahraga, dan mengelola stres.” ujar dr. Annta Kern Nugrohowati, M.Si., Sp.GK(K) dalam materinya yang bertema Keseimbangan Gizi Mahasiswa.

Sementara itu, dr. Maria Erika Pranasakti, Sp.PD. menyampaikan dalam pemaparannya, “Pola hidup sehat menjadi penting untuk mencegah non-communicable disease, atau penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, penyakit lambung, dan lainnya.”

Harapannya, dari kegiatan ini mahasiswa lebih perhatian untuk menjaga kesehatan dan pola hidup sehat, serta semakin mudah mengakses layanan kesehatan dalam upaya menjaga kesehatan.

Share this :

Category

Arsip

Related News