, ,

Kunjungan UNDIP ke Victoria University of Wellington, Selandia Baru dan kesepakatan Double Degree Program Master of Climate Change Science and Policy

Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian serta peningkatan reputasi Universitas, UNDIP melaksanakan berbagai program internasionalisasi antara lain pembahasan Double Degree Program dengan Victoria University of Wellington, Selandia Baru. Victoria University of Wellington. Victoria University of Wellington berada di 1% teratas dari 18.000 universitas di dunia untuk 15 program studi di QS World University Rankings 2024.

Pada kesempatan kunjungan kerja ke Wellington, Selandia Baru, 22 Mei 2024, delegasi UNDIP yang dipimpin langsung oleh Ketua Majelis Wali Amanat (Prof. Mohamad Nasir, PhD) serta Ketua Senat Akademik (Prof. Edy Rianto, PhD) bertemu langsung dengan Roger Armstrong, Senior International Recruitment Manager, Eliza Raymond, Senior Internationalisation Programme Manager, Katrina Saunders, Senior International Administrator, Allison Chen, International Partnership Manager di Rutherford House, Pipitea Campus, Victoria University of Wellington.

Roger Armstrong menyampaikan sekilas tentang profil Victoria University of Wellington, yang merupakan salah satu universitas terbaik di Selandia Baru. Roger juga menyampaikan profil mahasiswa yang mengenyam pendidikan di VUW serta berbagai keunggulan dari VUW. VUW juga menjadi host dari program IISMA dan beberapa mahasiswa UNDIP sudah melaksanakan kegiatan IISMA disana.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua MWA dan Ketua SA menyampaikan bahwa UNDIP saat ini sedang berfokus untuk meningkatkan kolaborasi dengan Universitas TOP 100 QS WUR untuk peningkatan kualitas pendidikan dan penelitian yang diselenggarakan di UNDIP. Model kolaborasi yang ditawarkan antara lain joint degree dan double degree untuk beberapa program studi kelas internasional S1 dan S2, dan penelitian bersama antara peneliti dari Victoria University of Wellington dan UNDIP. UNDIP juga menawarkan kepada para dosen asing di Victoria University of Wellington dapat menjadi visiting lecturer maupun visiting professor di UNDIP. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa penelitian terkait dengan Sustainable Development Goals seperti penanggulangan dampak perubahan iklim, dan kesehatan dapat menjadi landasan tema kerjasama penelitian antara peneliti dari Victoria University of Wellington dan UNDIP.

Dalam diskusi yang cukup hangat yang dilakukan bersama rombongan delegasi UNDIP lainnya yaitu Prof. Ambariyanto, PhD. (Wakil Rektor Riset, Inovasi dan Kerja Sama), Dr. Agus Indarjo (Sekretaris MWA), Prof. Dr. Purwanto (Kepala Badan Perencaan dan Pengembangan, Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto (Ketua Task Force WCU), Dessy Ariyanti, Ph.D (Tim Task Force WCU), pihak dari Victoria University of Wellington menyepakati untuk saling bertukar informasi untuk menjajaki program dan kegiatan yang mungkin dilakukan dalam waktu dekat untuk menindak lanjuti pertemuan ini. Pada kesempatan itu pula penandatanganan MoA untuk program double degree untuk Master of Climate Change Science and Policy yang sudah diinisiasi sebelumnya oleh Program Studi S2 Perencanaan Wilayah dan Kota juga dilaksanakan.

Delegasi UNDIP dipimpin oleh Ketua Majelis Wali Amanat (Prof. Mohamad Nasir, PhD) serta Ketua Senat Akademik (Prof. Edy Rianto, PhD) saat pertemuan dengan Roger Armstrong, Senior International Recruitment Manager, Eliza Raymond, Katrina Saunders, dan Allison Chen, International Partnership Manager di Rutherford House, Pipitea Campus, Victoria University of Wellington, Selandia Baru 22 Mei 2024.
Share this :

Category

Arsip

Related News