, , ,

Pertama! Kolaborasi UNDIP dengan Alibaba Cloud Indonesia

Gedung Acintya Prasada Fakultas Sains dan Matematika (FSM) UNDIP menjadi sejarah kolaborasi pertama antara Alibaba Cloud dengan Universitas di Jawa Tengah khususnya Departemen Informatika FSM UNDIP. Kerja sama menarik dengan Alibaba Cloud Indonesia yang digelar pada Jumat (31/5) bertujuan untuk menciptakan kemitraan yang menjanjikan antara Universitas di Jawa Tengah dengan penyedia layanan komputasi awan terkemuka. Hal ini menandai langkah penting dalam pengembangan ekosistem teknologi informasi di kawasan tersebut.

Acara diawali sambutan Dekan Prof. Dr. Kusworo Adi, S.Si., M.T., yang berharap ilmu dan manfaat yang bisa diterapkan oleh mahasiswa, bermanfaat pula untuk UNDIP. Didukung apresiasi yang tulus dari Dr. Aris Puji Widodo, S.Si., M.T, Ketua Departemen Informatika, yang menyambut hangat kerjasama ini. Dengan harapan bahwa hasilnya akan melimpah manfaat bagi mahasiswa dan perkembangan UNDIP.

Selanjutnya, Erwin Marpaung, sebagai perwakilan dari Alibaba Cloud Indonesia, memberikan wawasan tentang pentingnya kolaborasi antara sektor swasta dan akademis dalam menghadapi era digital. Sambutan berikutnya dari Bayu Irawan. Ia merupakan Training Operations Specialist dari Alibaba Cloud Indonesia, yang menyoroti pentingnya pengembangan keterampilan praktis dalam teknologi cloud bagi mahasiswa.

Salah satu poin penting dari kerjasama ini adalah kehadiran Eggy Tanuwijaya, Director of Solution Architect Alibaba Cloud Indonesia, yang memberikan pemahaman yang mendalam tentang layanan dan teknologi terbaru yang ditawarkan oleh Alibaba Cloud. Dalam sesi pemaparan yang informatif, Eggy Tanuwijaya memberikan wawasan yang berharga tentang potensi dan manfaat yang dapat diperoleh dari teknologi cloud.

Selain itu, kehadiran Erwin Marpaung, Government Relations Alibaba Cloud Indonesia, juga turut menambah kesan dalam acara tersebut. Dalam peranannya sebagai penghubung antara Alibaba Cloud dan pemerintah, Erwin Marpaung membawa wawasan tentang peran penting teknologi cloud dalam mendukung pembangunan dan transformasi digital di Indonesia.

Kemitraan ini tidak hanya membuka pintu bagi pertukaran pengetahuan dan teknologi antara Alibaba Cloud dan Informatika FSM UNDIP, tetapi juga menawarkan peluang magang bagi para mahasiswa. Alibaba Cloud Indonesia menyediakan kesempatan magang selama satu tahun bagi 5 hingga 7 orang mahasiswa, memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengalaman praktis yang berharga di bidang teknologi cloud.

Kerja sama antara Departemen Informatika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro dan Alibaba Cloud Indonesia menandai langkah penting dalam menghadirkan inovasi teknologi terbaru ke lingkungan pendidikan Indonesia. Diharapkan bahwa kemitraan ini akan membawa manfaat yang besar bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.(Nafis Mufadhal ed. Ut-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News