, ,

Tim Antawirya UNDIP Siap Berlaga di Ajang Bergengsi

Universitas Diponegoro (UNDIP) secara resmi melepas Tim Antawirya untuk mengikuti kompetisi mobil hemat energi pada tahun 2024. Acara yang digelar pada Selasa, 04 Juni 2024 di Gedung Dekanat Lantai 1 ini dihadiri oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Direktur Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Direktorat, Dekan Fakultas Teknik, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Ketua Prodi Teknik Mesin dan Manajer TU Fakultas Teknik UNDIP.

Rencananya Tim Antawirya akan mengikuti 2 (dua) kompetisi besar, yakni Shell Eco Marathon Asia-Pacific and the Middle East 2024 yang akan digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika Lombok pada 2-7 Juli 2024, dan Kontes Mobil Hemat Energi 2024 yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek di Sirkuit Formula-E Ancol Jakarta pada 24-30 Oktober 2024 mendatang.

Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T., dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Tim Antawirya, karena dari tahun ke tahun prestasi dan karya inovasi Tim Antawirya selalu mengalami peningkatan.

“Kami sangat mengapresiasi Tim Antawirya, dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan perubahan terus, dan kami yakin perubahan itu membawa produk-produk dari Tim Antawirya menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” ucapnya.

“Berusaha untuk mencapai prestasi itu penting, tapi jika nanti belum berhasil, jangan patah semangat. Sejatinya inovasi itu proses yang terus berlanjut, sehingga aktivitas inovasi itulah yang membedakan kita, apakah kita mempunyai karakter leader atau follower,” kata Prof Heru.

Prof Heru menambahkan bahwa UNDIP akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang sifatnya inovasi, produktif, dan meningkatkan softskill mahasiswa. “Selamat berlomba dan semoga diberikan hasil yang terbaik untuk Tim Antawirya,” ujar Prof Heru.

Senada dengan Prof Heru, Dekan Fakultas Teknik UNDIP Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T., IPU., mendukung penuh Tim Antawirya untuk mengikuti 2 (dua) kompetisi yang akan datang. “Selamat berjuang dan tetap semangat, kami semua akan selalu mensupport kalian. Prestasi itu penting tapi jauh yang lebih penting yaitu keselamatan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Teknik Mesin S1 FT UNDIP Dr. Rifky Ismail, S.T., M.T., mengaku bangga dan memberi apresiasi atas proses yang sudah dilalui Tim Antawirya. “Kami dari Prodi menilai Tim Antawirya menjadi suatu kebanggaan dan kami apresiasi, karena Tim Antawirya menjadi salah satu tempat untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa secara turun temurun hingga saat ini, kami apresiasi regenerasinya dan prestasi yang sudah dicapai,” imbuh Dr. Rifky.

General Manager Tim Antawirya Zarir Athaullah menjelaskan, ada dua prototype mobil yang akan dibawa, yaitu Gentayu dan Rondhan. Zarir mengaku cukup optimis dengan pencapaian yang akan diraih oleh tim Antawirya di tahun ini. Ia yakin timnya bisa mendapatkan posisi pertama atau kedua di kompetisi tahun ini. “Sejauh ini, kami sangat percaya diri bahwa kami dapat meningkatkan hasil podium kami, mungkin pada podium satu atau podium dua di tahun 2024 ini,” katanya.

Share this :

Category

Arsip

Related News