, ,

DWP UNDIP Dorong Anggota Belajar Public Speaking

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Diponegoro (UNDIP) mengadakan Rapat Kerja dan Talkshow bertajuk “Perempuan Percaya Diri: Seni Berbicara di Depan Umum” pada Rabu, 10 Juli 2024. Acara ini diselenggarakan di Ruang Sidang Rektor, Gedung Rektorat UNDIP. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DWP UNDIP, Ibu Dewi Suharnomo, dan Pembicara Dra. Frieda Nuzulia Ratna Hadiyati, M.S., Psikolog.

Rapat Kerja ini merupakan yang pertama dalam bulan Juli ini. Melalui kegiatan ini, disampaikan laporan-laporan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh tiap-tiap unit dalam organisasi. Setelahnya, materi talkshow disampaikan oleh Dra. Frieda Nuzulia Ratna Hadiyati, M.S., Psikolog, yang membahas pentingnya kepercayaan diri dalam public speaking.

Ketua DWP UNDIP, Ibu Dewi Suharnomo mengingatkan pentingnya kemampuan dan peningkatan kualitas diri bagi anggota DWP dan istri ASN. Menurutnya, tema ini diambil setelah berkaca dari pengalamannya yang sempat kebingungan untuk memimpin suatu acara di hadapan orang-orang penting. Beliau berharap anggota DWP UNDIP memiliki “can-do attitude” dalam menghadapi tantangan. “Can-do attitude itu dasarnya adalah bahwa kita harus percaya diri dan memiliki kemampuan dalam diri kita yang luar biasa,” jelasnya. Beliau juga menambahkan, melalui acara ini diharapkan tidak hanya berisi laporan dari anggota, namun juga bisa memberikan manfaat kepada anggota dan keluarga.

Dra. Frieda Nuzulia Ratna Hadiyati, M.S., Psikolog, selaku pembicara dalam talkshow menyatakan bahwa kepercayaan diri merupakan kunci untuk dapat berbicara di depan umum. Talkshow dibuka dengan kuesioner singkat untuk mengetahui pada level berapa kepercayaan diri yang dimiliki oleh para anggota DWP dan sebagai pengetahuan terhadap diri. Selanjutnya, ia menjelaskan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam public speaking, seperti persiapan materi, penguasaan materi, penampilan, kepercayaan diri, hingga etiket dalam berbicara di depan umum. “Kepercayaan diri bukanlah untuk diri sendiri, tetapi untuk semua orang yang telah membuat hidup kita punya warna,” pungkasnya.

Acara ini juga mencakup penyerahan SK untuk pengurus RSND Masa Bhakti 2024-2029 oleh Ketua DWP, Ibu Dewi Suharnomo, dan sosialisasi terkait risiko kanker payudara. Direktur RSND juga memberikan 100 voucher mammography bagi anggota yang hadir.

Share this :

Category

Arsip

Related News