, , ,

Pemkab Blora Gandeng UNDIP Tingkatkan Potensi Alam dan Sumber Daya

Universitas Diponegoro (UNDIP) sepakat menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Blora pada Kamis, 11 Juli 2024 bertempat di Ruang Sidang Rektor Gedung Widya Puraya Kampus UNDIP Tembalang.

Kerja sama secara resmi ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara UNDIP yang diwakili oleh Rektor UNDIP Prof. Dr. Suharnomo S.E., M.Si., dengan Pemkab Blora yang diwakili oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si.

Kerja sama antara UNDIP dengan Pemkab Blora meliputi kerja sama dalam hal Pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi di Kabupaten Blora. Pengembangan fungsi Tridarma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya peningkatan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Rektor UNDIP Prof. Dr. Suharnomo S.E., M.Si., menyambut baik atas kerja sama yang telah terjalin dengan Pemkab Blora. “Kami senang dapat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Blora, seperti Pucuk Dicinta Ulam pun Tiba,” ucapnya.

Prof Suharnomo menambahkan bahwa UNDIP saat ini memiliki tagline UNDIP Bermartabat dan UNDIP Bermanfaat. “Kita tetap berjuang pada perangkingan internasional, namun yang menjadi ujung akhirnya ialah memberikan manfaat kepada masyarakat. Kita bentuk tim untuk mewujudkan program pengurangan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah dan menjadikan Jawa Tengah sebagai penyangga pangan nasional,” jelas Prof Suharnomo.

Komitmen UNDIP dalam memberikan manfaat kepada masyarakat salah satunya diwujudkan pada program Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNDIP Tim II. Pada pelaksanaan KKN UNDIP Tim II mempunyai program percepatan penurunan stunting; kesehatan ibu dan anak; pemberdayaan anak tidak sekolah; pemetaan, pengelolaan potensi wilayah untuk mendukung pemberdayaan masyarakat, dan program keilmuan.

“Kami mengapresiasi kerja sama ini dan semoga UNDIP dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar,” jelas Prof Suharnomo.

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si. mengungkapkan bahwa permasalahan-permasalahan yang dihadapi seperti kemiskinan, stunting, dan bagaimana meningkatkan potensi yang ada, akan dapat diselesaikan jika berkolaborasi dengan stakeholder terkait, khususnya perguruan tinggi.

“Kami yakin UNDIP hadir untuk mendampingi kami. Kami berharap dari Kesepakatan Bersama ini dapat memberikan manfaat untuk Kabupaten Blora. Selain itu, kami berharap dari UNDIP ini akan melahirkan inovasi-inovasi yang membantu kami untuk menurunkan kemiskinan yang ada di Kabupaten Blora. Kami ingin meningkatkan SDM agar berkualitas, berdaya saing, dan berkarakter,” kata Arief Rohman.

“Dengan ilmu yang dimiliki dan dengan jaringan yang dimiliki, tentunya kami berharap nanti UNDIP bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurai permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Dengan hadirnya perguruan tinggi diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk pembangunan yang ada di kabupaten Blora,” tambahnya.

Share this :

Category

Arsip

Related News