, ,

FT UNDIP Berhasil Pertahankan Sertifikat ISO 45001:2018

Jumat, 12 Juli 2024, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (FT UNDIP) berhasil mempertahankan Sertifikat ISO 45001:2018 untuk kedua kalinya. Acara penyerahan sertifikat berlangsung di Ruang Sidang Senat, Gedung Prof. Ir. Eko Budihardjo, M.Sc. Lantai 3.

Dalam acara penyerahan sertifikat turut hadir beberapa tokoh penting, seperti Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Jamari, S.T, M.T, IPU; Wakil Dekan Sumber Daya, Dr. Ir. Abdul Syakur, S.T, M.T, IPU.; Ketua UPT K3L Universitas Diponegoro, Bina Kurniawan, S.K.M, M.Kes; Konsultan Sertifikasi K3 dari PT Wealthindo Putrapramesti Perkasa, Ir. Tjoek Oedawa, M.H; Koordinator P2K3 Fakultas Teknik, Dr. A.A.S Manik Mahacandra J.M, S.T, M.Sc, serta Ketua Departemen dan tim P2K3 Departemen di lingkungan Fakultas Teknik.

Sebelumnya, Fakultas Teknik mendapatkan sertifikat terkait Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini secara perdana di tahun 2021. Dari hasil audit eksternal yang berlangsung pada 2023, Fakultas Teknik dinyatakan lulus dan mendapatkan kembali sertifikat ISO 45001:2018. Keberhasilan ini menjadi bentuk komitmen dari Fakultas Teknik dalam menyiapkan kampus berstandar internasional yang aman dan nyaman.

“Fakultas Teknik telah mengawali K3 sejak 2019, dan mendapatkan ISO 45001:2018 di Januari 2021. Waktu itu, kami bersyukur sekali Fakultas Teknik bisa mendapatkan ISO 45001 ini. Artinya, visi Fakultas Teknik sebagai fakultas unggul di tingkat internasional sudah kita dapatkan,” ungkap Wakil Dekan Sumber Daya, Dr. Ir. Abdul Syakur, S.T, M.T, IPU.

Bagi Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Jamari, S.T, M.T, IPU, penerapan K3 merupakan kewajiban yang tidak dapat ditawar lagi. Ia bertekad untuk terus menjaga amanah ini agar terus terjaga dan berkelanjutan. “Bagi Fakultas Teknik, apa saja yang kurang, Insyaallah kita akan support. K3 itu sesuatu yang tidak boleh ditawar, itu harus ada,” ujar Prof. Jamari.

Ketua UPT K3L Universitas Diponegoro, Bina Kurniawan, S.K.M, M.Kes, mengapresiasi capaian Fakultas Teknik dalam mempertahankan penerapan K3 dengan baik. Beliau berharap, keberhasilan ini dapat mendukung UNDIP dalam menciptakan kampus zero accident dan zero risk.

“UPT K3L mengucapkan selamat kepada Fakultas Teknik UNDIP atas pencapaian yang luar biasa ini. Saat ini, K3 di UNDIP sedang kita galakkan. Kami berusaha untuk menciptakan UNDIP zero accident dan UNDIP zero risk. Semoga tidak ada lagi kecelakaan di lingkungan UNDIP yang berakibat fatal atau luka,” kata Bina.

Dilansir dari Website Fakultas Teknik UNDIP

Share this :

Category

Arsip

Related News