, ,

Rakernas BEM SI ke-XVII di UNDIP: Dorong Sinergitas Mahasiswa dan Demokrasi Inklusif

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-XVII yang dilaksanakan selama sepekan pada 15-20 Juli 2024. Rakernas ke-XVII kali ini mengusung tema “Sinergitas Gerakan Mahasiswa Dalam Merancang Eskalasi dan Demokrasi Yang Inklusif” dan Universitas Diponegoro dipercaya sebagai tuan rumah. Sejumlah 51 universitas dan 112 anggota BEM SI mengikuti rangkaian Rakernas ke-XVII ini.

Pada Opening Ceremony yang dilaksanakan pada Senin, 15 Juli 2024 di Gedung Prof. Soedarto, SH, turut hadir Rektor UNDIP, para Wakil Rektor, para Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Koordinator Pusat BEM SI, dan Ketua BEM UNDIP.

Rektor UNDIP, Prof. Suharnomo, S.E., M.Si. dalam sambutannya mendorong mahasiswa untuk berkembang dengan sebaik-baiknya melalui berbagai hal, salah satunya melalui kegiatan di BEM SI. “Berorganisasi merupakan salah satu contoh riil bagaimana kita bernegara dan berbangsa dalam hal yang mini,” ujarnya.

Beliau berpesan untuk menerapkan pola pikir altruistik atau mengutamakan kepentingan orang lain atau golongan di atas kepentingan pribadi dalam berorganisasi atau bernegara. Selain itu, beliau juga mengingatkan mengenai inklusivitas yang menjadi salah satu fokus dalam tema Rakernas kali ini.

“Bangsa ini terlalu besar untuk kita urus sendirian. Oleh karena itu, mudah-mudahan jembatan komunikasi tidak terlalu menjadi masalah sehingga tidak memunculkan ‘Kita’ dan ‘Mereka’ (perpecahan golongan),” ucapnya. Terakhir, beliau berharap Rakernas BEM SI kali ini dapat menciptakan rencana yang strategis untuk mendorong pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia.

Sementara Koordinator Pusat BEM SI, Herianto, menekankan pentingnya Rakernas sebagai momen untuk menyatukan perspektif dan pandangan seluruh mahasiswa. Ia berharap agar setiap kampus dapat aktif dalam diskusi atau menyampaikan isu-isu yang berkembang di daerahnya masing-masing, sehingga bersama-sama dapat dirumuskan solusi konkret untuk kemajuan bangsa. Herianto menyampaikan harapannya agar Rakernas ini dapat menghasilkan rumusan-rumusan yang bermanfaat bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

“Mari kita tanamkan kembali semangat Sumpah Mahasiswa dalam diri kita,” seru Herianto. Ia juga mengingatkan para peserta Rakernas untuk senantiasa mengembangkan daya kritis dan intelektual mereka sebagai mahasiswa.

Ketua BEM UNDIP, Farid Darmawan, menggarisbawahi keistimewaan UNDIP dalam merangkul dan menyatukan perbedaan. Hal ini disampaikan dalam sambutannya pada Rakernas BEM SI ke-XVII.

Farid menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Rektor UNDIP atas dukungan penuh terhadap berbagai agenda kemahasiswaan yang positif. Dukungan ini, menurutnya, menjadi bukti komitmen UNDIP dalam memajukan gerakan-gerakan yang membawa kebaikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa. “Ini tanda Universitas Diponegoro berkomitmen dalam setiap gerakan yang mengandung kebaikan dan dapat mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Farid berharap Rakernas BEM SI ke-XVII dapat menjadi wadah untuk memperkuat dan memperluas gerakan-gerakan bernilai akademis yang berkelanjutan, bukan sporadis.

Rakernas ke-XVII ini dilaksanakan berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) BEM SI yang ke-17 tahun 2024 yang digelar di Universitas Riau, Pekanbaru, pada 6 Mei 2024 lalu. (Sahila/Ani-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News