, ,

Pesan Rektor UNDIP: Terus Bergerak dan Berpikir Kreatif

UNDIP, Semarang (29/7) – Sebanyak 5287 wisudawan Universitas Diponegoro mengikuti prosesi upacara Wisuda Periode ke –175 Tahun 2024 yang digelar di Muladi Dome Gedung Serbaguna (GSG) UNDIP, Kampus Tembalang pada tanggal 29 Juli s.d 02 Agustus 2024.

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. untuk pertama kali melantik wisudawan yang terdiri atas 80 orang Program Doktor; 556 orang Magister; 55 orang Pendidikan Dokter Spesialis; 242 orang Profesi; 3768 orang Sarjana; 434 orang Sarjana Terapan (D4); dan 152 orang Diploma.  Kelulusan ini juga termasuk mahasiswa Bidik Misi sebanyak 140 orang serta mahasiswa asing berjumlah 30 orang.

Diharapkan wisudawan nantinya cepat memperoleh pekerjaan atau dapat menciptakan usaha yang membuka peluang kerja bagi banyak orang lain. UNDIP telah mengukir banyak prestasi baik ditingkat nasional maupun internasional. Salah satunya terbukti UNDIP saat ini menduduki rangking teratas di Indonesia yang lulusannya paling cepat memperoleh pekerjaan.

Dalam sambutannya, Rektor UNDIP memberikan ucapan selamat kepada wisudawan/ wisudawati yang telah resmi menyandang gelar diploma, sarjana, magister, spesialis, profesi maupun doktor. “Teriring doa semoga kalian sukses dalam mencari pekerjaan dan sukses berkarier. Wisuda ke-175 merupakan bagian dari rasa syukur kepada Tuhan dan harus dinikmati meski masa studi 3,5 tahun atau lebih karena sukses tidak ditentukan dengan masa studi,” kata Prof Suharnomo.

Menurut buku GRIT: The power of passion and perseverance dari Angela Lee Duckworth bahwa kunci sukses itu ditentukan oleh kombinasi antara passion atau menyukai sesuatu terlebih dahulu maka akan bersungguh-sungguh dalam menggelutinya dan gigih untuk mendapatkannya serta positif thinking pada takdir yang ditetapkan oleh Tuhan.

”Mengutip juga dari Jack Ma, sesungguhnya makna sukses yakni dengan lebih fokus, peduli/ suka membantu problem orang lain akan menjadi jalan hidup serta tidak sering mengeluh,” lanjutnya. “Sehingga rangkuman dari Angela Duckworth dan Jack Ma didapatkan 2 hal yaitu jangan malas bergerak atau keep moving maksudnya tetap terus bergerak hingga mendapatkan sesuatu yang dicita-citakan dan jangan terbawa perasaan, ditambah dengan doa dan sedekah. Mudah-mudahan akan memperlancar urusan didunia,” pesan Rektor UNDIP.

Lebih lanjut Ketua Senat Akademik Prof. Ir. Edy Rianto, M.Sc., Ph.D., IPU saat akhir pengantar, menyebutkan bertebaranlah diseluruh penjuru nusantara bahkan dunia. Kibarkan panji Diponegoro dimanapun kalian berada. “Jadilah agen perubahan dan agen pembangunan guna kemajuan peradaban manusia dan kesejahteraan Masyarakat. Tetaplah rendah hati dan jangan bersikap adigang, adigung, adiguna,” ucap Prof Edy.

Sementara Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T.  melaporkan bahwa pelaksanaan wisuda secara luring diselenggarakan dalam 5 tahap selama 5 hari. Sampai dengan wisuda periode ini, jumlah lulusan Undip secara keseluruhan telah mencapai 268.317 orang dengan 3.446 wisudawan atau 65.18 % diantaranya memperoleh predikat cumlaude.

“Jalan kalian masih panjang, manfaatkan masa muda, masa produktif dengan sebaik-baiknya. Teruslah berkarya dan berinovasi jangan tumpulkan kreativitas dengan berhenti berpikir! Catch your dreams, a million dreams will keep you awake!. Semoga semua wisudawan senantiasa sukses dalam meniti karier dan selalu menjadi teladan bagi masyarakat. Kami sungguh bangga pada kalian, jaga nama baik kalian, orangtua dan UNDIP,” tutup Prof Heru diakhir laporannya.

Prosesi acara wisuda ke – 175 UNDIP dapat disimak selengkapnya di Youtube UNDIP TV Official (DHW-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News