, ,

Rektor UNDIP Menyambut 14.640 Mahasiswa Baru

UNDIP, Semarang (7/8) – “Selamat datang Diponegoro Muda, Selamat menempa diri. Jadilah manusia yang bermartabat, bermanfaat,” sambut Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. pada pelaksanaan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2024 -2025 yang diselenggarakan di Muladi Dome Gedung Serbaguna (GSG) UNDIP, Kampus Tembalang selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 07 Agustus s.d 09 Agustus 2024.

Prof. Suharnomo menyampaikan bahwa pendaftar UNDIP pada SNBP menduduki nomor 2 terbanyak se-Indonesia, sedangkan SNBT nomor 1 se-Indonesia. Bahkan pendaftar Ujian Mandiri yang melimpah ruah. “Banyak yang masuk UNDIP dikarenakan adanya rekognisi, kedua reputasi UNDIP dan yang ketiga adalah kampus di Semarang itu sangat nyaman untuk belajar, bangga dan bersyukurlah” jelasnya.

“Masa kuliah adalah jembatan menuju kedewasaan. Di UNDIP nantinya akan banyak aktivitas selain kuliah ada kegiatan – kegiatan organisasi yang perlu diikuti agar dapat mengasah keterampilan berorganisasi. Janganlah menjadi mahasiswa kupu – kupu atau sekedar kuliah pulang – kuliah pulang,” ucap Prof Suharnomo.

Rektor UNDIP menuturkan mudah-mudahan dengan pendidikan bagus menyiapkan menjadi leader dimasa depan. Bukan berarti tanpa perploncoan terus menjadikan cengeng justru mahasiswa menjadi pribadi yang kuat, tahan banting, tidak cengeng dan tidak baperan. “Jangan suka malas gerak berarti harus banyak melakukan aktivitas, jangan suka baper dan jangan suka mengeluh atau be positive,” pesannya.

Sementara saat memberikan pengantar Ketua Senat Akademik, Prof. Ir. Edy Rianto, M.Sc., PhD., IPU. menjelaskan UNDIP saat ini menduduki ranking pertama di Indonesia yang lulusannya paling cepat memperoleh pekerjaan tiga tahun berturut – turut sejak tahun 2021 hingga tahun 2023, maka patut bersyukur dan berbanggalah mendapat kesempatan untuk menimba ilmu dan mengasah keterampilan di Universitas Diponegoro.

“Kami berharap serta mendoakan para mahasiswa mahasiswi baru kelak akan dapat menyelesaikan studi tepat waktu dengan prestasi yang sebaik-baiknya, sehingga akan membanggakan almamater dan keluarga. Tentu saja hal tersebut harus diraih dengan bekerja dan belajar dengan sebaik-baiknya,” kata Prof Edy.

Adapun Prof. rer. nat Heru Susanto, S.T. M.T. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNDIP dalam laporannya menyebutkan UNDIP jumlah mahasiswa baru tahun 2024 adalah sebanyak 14.640 orang dengan rincian program Doktor 281 orang, program Magister 904 orang; program Spesialis 149 orang; program Profesi 221 orang; program Sarjana 11.196 orang; dan program Terapan/ Sekolah Vokasi 1.829 orang.

“Kalian dikukuhkan menjadi mahasiswa UNDIP yang menyandang nama besar Pangeran Diponegoro dan merupakan universitas terbaik dan terkemuka di Indonesia. Kalian kini menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Diponegoro dengan jumlah keseluruhan mahasiswa sebesar 67.134 orang,” terang Prof Heru.

Seluruh mahasiswa baru wajib untuk mengikuti semua acara di lingkungan Fakultas dan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro tahun 2024 baik Departemen atau Program Studi masing-masing sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Mari kenalkan kehidupan kampus UNDIP dengan cinta. Kekerasan dan perploncoan sudah tidak jamannya lagi.

Berharap mahasiswa baru nantinya mengikuti masa orientasi dengan baik. “Manfaatkanlah masa orientasi ini untuk memahami proses pembelajaran organisasi dan kegiatan kemahasiswaan serta sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran. Jangan hanya kuliah saja ikut juga organisasi kemahasiswaan,” ucapnya.

“Bermimpilah! Kejar ilmu dengan kekuatan yang kita punya. Bukan ilmu yang harus mendatangimu tetapi kamu yang harus mendatangi ilmu, mengutip dari Imam Malik,” ucap Prof Heru.

Serangkaian kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yakni Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Pengisian Rencana Studi (IRS) yang dilaksanakan tanggal 12 – 13 Agustus 2024. Pendidikan Karakter (PENDIKAR) pada tanggal 14 – 16 Agustus 2024 serta Orientasi Diponegoro Muda (ODM) tanggal 18 Agustus 2024 secara luring. (DHW-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News