, ,

Mahasiswa KKN UNDIP Dorong Masyarakat Karanganyar Berdikari

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2024 yang telah diberangkatkan ke lokasi tujuan KKN masing-masing sejak 9 Juli 2024 telah memasuki masa akhir kegiatan KKN-nya. Puncak acara KKN diramaikan dengan kegiatan expo atau gelar karya di kabupaten lokasi KKN dengan mempersembahkan produk unggulan dari setiap kecamatan.

Gelar Karya KKN UNDIP di Kabupaten Karanganyar bertema “Abdi Mahasiswa Menciptakan Karanganyar yang Berdikari” diselenggarakan di MABES Convention Center Karanganyar pada 14 Agustus 2024. Perwakilan pimpinan UNDIP yang hadir dalam Gelar Karya KKN UNDIP Karanganyar adalah Farikhin, S.Si., M.Si., Ph.D. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FSM UNDIP, Dr. Fuad Muhammad, S.Si., M.Si. Dosen FSM UNDIP, dan tim LPPM UNDIP.

Farikhin, S.Si., M.Si., Ph.D. dalam sambutannya menyebutkan bahwa 540 mahasiswa aktif UNDIP mengikuti kegiatan KKN di Kabupaten Karanganyar didampingi oleh 18 dosen pembimbing KKN. Harapannya, tim KKN UNDIP dapat menjalankan program kerjanya dengan baik.

Dwi Cahyono selaku perwakilan Kabupaten Karanganyar berkata, “Kami apresiasi adik-adik KKN yang membantu masyarakat kami. Untuk program basisnya keunggulan tiap desa, kami harap nantinya ada monitoring apakah ada keberlanjutan program di masyarakat.”

Menyongsong Karanganyar Berdikari, mahasiswa KKN UNDIP berkontribusi selama kurang lebih 40 hari membantu setiap desa di Kabupaten Karanganyar dengan berbagai program disesuaikan dengan potensi desa. Saat ini, permasalahan yang terjadi di Karanganyar mencakup masalah sanitasi, pencemaran lingkungan, dan pencegahan stunting. Adapun potensi alam di Karanganyar yaitu budidaya ikan.

Produk unggulan dari tim KKN Tim II UNDIP Tahun 2024 di Karanganyar antara lain Aquascape, Diversifikasi Produk Berbahan Dasar Ikan Lele, Anti Nyamuk Serai Fresh Spray, Inisiasi Pembangunan Desa Asri, Pencegahan Stunting dengan Makanan Olahan Lele dan Olahan Ubi Ungu, Produk Nasi Kepal Lele, Sosialisasi Instagram Ads Project, Sosialisasi Pengolahan Limbah Rumah Tangga, Perilisan Buku Jatiharjo dalam Catatan Etnografi, Pengoptimalan Bank Sampah, Produk Teh Herbal Bunga Telang, dan variasi produk unggulan lainnya. Ide budidaya sumber daya potensi desa dari mahasiswa KKN diharapkan dapat membantu masyarakat Karanganyar untuk berdikari dengan cara berwirausaha. (Titis – Public Relations)

Share this :

Category

Arsip

Related News