, ,

Mahasiswa KKN UNDIP Pamerkan Karya Unggulan Kabupaten Pekalongan

UNDIP kembali menerjunkan mahasiswanya dalam kegiatan KKN Tim II tahun 2023/2024. Salah satu daerah yang menjadi target penerjunan mahasiswa KKN Undip Tim II ini ialah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Sejumlah mahasiswa disebar ke beberapa desa di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Buaran, Kecamatan Kedungwuni, Kecamatan Siwalan, Kecamatan Tirto, Kecamatan Wiradesa, Kecamatan Wonokerto, dan Kecamatan Sragi.

Pada tanggal 15 Agustus 2024, mahasiswa KKN Tim II Undip 2023/2024 Kabupaten Pekalongan menggelar acara Gelar Karya KKN dengan tema “Urip Iku Urup”.  Dalam acara gelar karya ini, para mahasiswa KKN memamerkan produk-produk unggulan Kabupaten Pekalongan hasil pengabdian sesuai dengan potensi-potensi yang ada di tiap wilayah tempat mereka mengabdi. Expo ini diselenggarakan di kantor Kecamatan Siwalan.

Gelar Karya KKN ini dihadiri oleh Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan, Sekolah Vokasi Dr. Ida Hayu Dwimawanti, MM., Koordinator Dosen KKN wilayah Kabupaten Pekalongan drh. Siti Susanti, Ph.D., Camat Siwalan Tokha, S.IP., serta para Dosen Pembimbing Lapangan KKN di wilayah Kabupaten Pekalongan.

Camat Siwalan berharap program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN dapat menambah hal positif di wilayah Kabupaten Pekalongan. “Terima kasih kepada UNDIP yang telah mempercayakan pelaksanaan KKN di tempat kami. Selain itu kami berharap semua program kerja KKN ini dapat berjalan baik dan menambah hal positif tidak hanya di Kecamatan Siwalan, tapi juga di seluruh wilayah Kabupaten Pekalongan.” ungkapnya.

Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Vokasi dalam sambutannya memuji tema Gelar Karya yang diambil oleh para mahasiswa KKN. Tema tersebut selaras dengan tagline baru yang kini dipakai oleh UNDIP. “Tema Gelar Karya “Urip Iku Urup” ini selaras dengan tagline UNDIP saat ini, yaitu UNDIP Bermanfaat, UNDIP Bermartabat, dan UNDIP Jaya. Cita-cita tagline ini akan kami implementasikan dalam bentuk kegiatan baik itu akademik, maupun kemahasiswaan. KKN ini adalah upaya UNDIP melalui mahasiswa untuk bisa menunjukkan bahwa UNDIP dapat berpartisipasi dan berkontribusi dan memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Pekalongan,” jelas Wakil Dekan I SV tersebut.

Berbagai produk dipamerkan pada gelar karya ini. Tidak hanya kuliner, terdapat juga beberapa terobosan teknologi hasil ide dari mahasiswa KKN yang memanfaatkan potensi desa tempat mereka mengabdi. Terobosan produk kuliner yang dipamerkan antara lain adalah kerupuk ampas tahu, bolu kukus mangga pucung, naget dari ikan nila, bolu pisang, optimalisasi ikan asap, dan masih banyak lagi. Adapun teknologi yang ditawarkan juga beragam, antara lain pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik, lotion anti nyamuk berbahan dasar serai, tong sampah otomatis, pembuatan briket dari sekam padi, dan lain sebagainya.

Diharapkan inovasi yang dilakukan mahasiswa KKN Tim II Undip tidak hanya berhenti di kegiatan KKN ini saja. Kerjasama dalam hal pengabdian dengan Kabupaten Pekalongan juga diharapkan terus berlanjut, agar semua mahasiswa dapat terus belajar membagikan pengetahuan yang didapatkannya kepada semua lapisan masyarakat. (Hng-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News