, ,

Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Masyarakat Gemar Membaca

“Buku adalah jendela dunia” merupakan salah satu quote yang sering di dengar. Maksud dari “Buku adalah jendela dunia” adalah dengan membaca buku membuka dan memperluas wawasan seseorang untuk memperoleh informasi berbagai kejadian dan fenomena seperti ekonomi, sosial, politik, budaya, dan aspek lainnya.

Maka dari itu, setiap orang setidaknya membaca satu buku untuk mengetahui sebuah informasi. Untuk mendapatkan sebuah buku dapat dipinjam melalui perpustakaan. Perpustakaan merupakan tempat khusus untuk menyimpan buku-buku yang diperlukan oleh banyak orang.

Perpustakaan pada jaman sekarang harus beradaptasi terhadap perkembangan teknologi yang mulai mengurangi minat baca masyarakat. Sudah mulai banyak perpustakaan yang kurang mendapatkan perawatan bahkan tidak beroperasi. Ditambah lagi dengan fenomena rendahnya literasi masyarakat Indonesia yang jarang membaca buku, karena sibuk dengan gawai masing-masing. Fasilitas perpustakaan yang kurang memadai berakibat terlantarnya buku  bacaan. Perpustakaan desa Kalangan salah satunya yang mengalami masalah ini. Walaupun ada perpustakaan keliling dari kabupaten Sragen, hal ini belum cukup mencapai jangkauan minat masyarakat pemuda desa Kalangan.

Untuk menangani masalah ini, mahasiswa S1 Sejarah sekaligus Tim II KKN UNDIP, Otto Hari Febra Maheswara, mencoba mengenalkan situs buku elektronik (E – Book) bernama Z – Library untuk memberi kemudahan akses mencari buku literasi kepada pemuda Desa Kalangan, khususnya Karang Taruna.

Setelah melihat bagaimana kondisi Perpustakaan Desa Kalangan yang tidak terawat buku-bukunya, dia mencoba untuk mengenalkan Z – Library kepada pemuda Karang Taruna. Namun untuk mendeskripsikan bagaimana langkah – langkah menggunakan situs tersebut, dibuat sebuah buku panduan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah menggunakan Z – Library.

Pembuatan buku kecil panduan ini dimulai pada hari Rabu (17/07/2024). Pembuatan buku panduan ini sangat penting karena untuk mencegah terjadinya kebingungan Karang Taruna dalam menggunakan Z – Library dalam gawai mereka. Pada hari Minggu (30/07/2024) diserahkan buku panduan kepada anggota Karang Taruna. Penyerahan booklet dalam bentuk soft file dan hard copy.

Dengan pengenalan ini situs ini, diharapkan penduduk Desa Kalangan dapat menggunakan gawai mereka masing-masing untuk mengenal buku elektronik di gawai mereka masing-masing.

Penulis: Otto Hari Febra Maheswara

Share this :

Category

Arsip

Related News