, ,

UNDIP Menggelar Patent Drafting Camp 2024

Semarang – Dalam rangka meningkatkan jumlah pendaftaran paten, Universitas Diponegoro melalui Direktorat Inovasi dan Kerja Sama Industri bekerjasama dengan Biro Inovasi dan Kerja Sama, sukses menyelenggarakan kegiatan “Patent Drafting Camp 2024” yang bertempat di Noormans Hotel Jl. Teuku Umar No.27, Jatingaleh, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, pada tanggal 13-14 Agustus 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk penyempurnaan penyusunan deskripsi paten yang akan didampingi oleh para Narasumber dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) sesuai dengan bidangnya.

Acara ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) yang terdiri dari Pemeriksa Paten Madya sampai dengan Pemeriksa Paten Utama sesuai dengan bidang invensinya. Para narasumber memastikan bahwa setiap deskripsi yang dihasilkan memenuhi standar yang ditetapkan dan siap untuk didaftarkan melalui DJKI.

Acara dibuka oleh Direktur Inovasi dan Kerja Sama Industri Universitas Diponegoro, Ibu Drh. Dian Wahyu Harjanti, Ph.D. Dalam sambutannya, Ibu Dian menyampaikan pentingnya perlindungan kekayaan intelektual, khususnya invensi hasil penelitian para civitas akademika  di Universitas Diponegoro. Beliau menekankan bahwa paten bukan hanya sebagai alat perlindungan hukum, tetapi juga sebagai instrumen untuk mendorong kemajuan ekonomi mulai dari hulunisasi, hilirisasi, sampai dengan komersialisasi dengan industri.

Selanjutnya, perwakilan dari DJKI, Ibu Dra Johani Siregar Apt. M.H., memberikan sambutan kedua. Dalam sambutannya, Ibu Johani menyampaikan apresiasi terhadap inisiatif pelaksanaan Patent Drafting Camp ini. Beliau menekankan pentingnya pemahaman yang mendalam mengenai aspek hukum dan teknis dalam penyusunan paten agar semua fitur dalam invensi dapat dilindungi, serta DJKI siap memberikan dukungan penuh melalui asistensi langsung dalam kegiatan ini.

Selama dua hari penuh, para peserta mendapatkan pembimbingan intensif dalam menyusun deskripsi paten yang komprehensif dan tepat. Hasil dari kegiatan ini sangat menggembirakan, dengan total 56 judul draft paten yang siap untuk didaftarkan. Luaran ini diharapkan akan menjadi kontribusi signifikan dalam meningkatkan IKU Renstra dan PTNBH yaitu jumlah paten yang dimiliki oleh Universitas Diponegoro, sekaligus mendukung layanan Technology Transfer Office.

Patent Drafting Camp 2024 menjadi bukti nyata komitmen Universitas Diponegoro dalam mendukung para peneliti dan akademisi untuk mengamankan hak kekayaan intelektual mereka, serta memberikan dampak positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Share this :

Category

Arsip

Related News