, ,

Mahasiswa KKN UNDIP Latih Pembuatan Sucang Menjadi Oleh-Oleh Khas Jatibatur, Sragen

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro TA 2023/ 2024 telah melaksanakan program kerjanya di wilayah masing – masing. Salah satu program multidisiplin mahasiswa KKN UNDIP yang dilakukan oleh Wulandari Putri beserta timnya yaitu pelatihan pembuatan susu kacang tanah sebagai oleh – oleh khas desa Jatibatur, kecamatan Gemolong, kabupaten Sragen.

“Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan nilai jual kacang tanah yang menjadi salah satu hasil bumi terbesar di desa Jatibatur dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui wirausaha susu kacang tanah sekaligus dapat dijadikan oleh-oleh khas untuk membawa kemajuan desa Jatibatur melalui UMKM,” jelas Wulandari.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini berupa demonstrasi dan praktik yang dilakukan oleh mahasiswa KKN dihadiri ibu – ibu PKK dan perangkat desa Jatibatur. Mahasiswa KKN memberikan pemaparan mengenai potensi desa berupa kacang tanah, manfaat dan cara pengolahannya.

“Kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan susu kacang tanah dimana mahasiswa KKN meminta 3 volunteer dari audiens yaitu ibu – ibu PKK sebagai partisipan aktif yang dipandu oleh tim mahasiswa KKN dalam proses pembuatan susu kacang tanah. Kegiatan ini diadakan di Balai Desa Jatibatur dengan dihadiri sebanyak 22 orang ibu – ibu PKK (Kamis, 8/8),” kata Wulandari.

Ketua PKK yang sekaligus sebagai Ibu Lurah beserta ibu – ibu PKK lainnya memberikan apresiasinya kepada tim mahasiswa KKN UNDIP atas inisiatif, kreativitas dan usaha dalam memberikan edukasi serta pelatihan bagi ibu – ibu PKK yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa Jatibatur dan potensi yang dimilikinya terutama berupa olahan kacang tanah. Hasil susu kacang tanah yang telah dipraktikkan oleh ibu – ibu PKK dapat langsung dikonsumsi.

Ibu – ibu PKK yang turut berpartisipasi saling memberikan tanggapannya terhadap hasil olahan susu kacang tanah. “Pembuatan susu kacang tanah tadi, saya menggunakan 1 sachet SKM dan rasanya sudah pas,” ujar Ibu lurah sekaligus ketua PKK yang berpartisipasi aktif dalam pelatihan pembuatan susu kacang tanah. “Olahan susu kacang tanah memiliki rasa yang enak dan manisnya pas,” timpal Kiki, anggota PKK. “Kalau diminum hangat rasanya enak tetapi jika diminum dingin perlu ditambahkan gula sesuai selera,’ ucap Ika, anggota PKK sekaligus kader desa.

“Program kerja mahasiswa KKN UNDIP Tim II ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif dan berkelanjutan bagi masyarakat khususnya di desa Jatibatur sehingga mereka dapat meningkatkan UMKM dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada dan menjadi ciri khas Desa Jatibatur,” harap Wulandari.  (Wulandari P-FSM; DHW-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News