, ,

Summer Course ETSI 2024 : Departemen Teknik Elektro Berperan dalam Pembangunan Berkelanjutan

Semarang, 31 Agustus 2024 – Teknik Elektro Universitas Diponegoro (UNDIP) sukses menyelenggarakan Electro Tech Summer Institute (ETSI) 2024 yang telah berlangsung selama satu minggu. Program Summer Course yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Elektro ini diikuti oleh peserta dari berbagai institusi seperti Universiti Teknologi MARA, Multimedia University, dan University of Nottingham Malaysia. Hal ini semakin menegaskan komitmen Departemen Teknik Elektro dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Summer Course ETSI 2024 bertujuan untuk mengintegrasikan SDGs ke dalam bidang teknik elektro dan komputer, dua disiplin ilmu yang vital dalam menghadapi tantangan global seperti penyediaan energi bersih dan terjangkau, inovasi industri, serta pengembangan infrastruktur. Selama program, para peserta memperoleh wawasan mendalam mengenai bagaimana keahlian di bidang teknik elektro dan komputer dapat berkontribusi pada solusi yang berkelanjutan, baik selama masa studi maupun dalam karier profesional mereka.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik, Prof. Jamari menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung keberhasilan program ini, menekankan bahwa Summer Course ini bukan hanya sekadar mengikuti perkuliahan, tetapi juga sebagai wadah untuk memupuk semangat kolaborasi internasional dalam menghadapi tantangan global. Sementara itu, Ketua Departemen Teknik Elektro, Aghus Sofwan, Ph.D., menyampaikan apresiasinya kepada para dosen dan peserta, berharap ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan secara optimal di berbagai bidang.

Kegiatan Summer Course ETSI 2024 meliputi kunjungan ke Unit Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan (UPDL PLN Semarang), yang memberikan peserta wawasan langsung mengenai peran penting PLN dalam mendukung infrastruktur energi yang berkelanjutan. Selain itu, para peserta mengikuti kuliah dari Prof. Bulan Prabawani yang membahas tentang peran UNDIP dalam memajukan SDGs, serta dua sesi penting dari Prof. Nooritawati Md Tahir mengenai cara menulis dan mempersiapkan manuskrip berkualitas tinggi serta pemahaman dan pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Peserta juga mengunjungi Laboratorium CBIOM3S UNDIP untuk melihat langsung berbagai penelitian dan inovasi di bidang biomedis. Selain aspek akademik, program ini juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengenal lebih dekat kekayaan budaya Semarang dan Yogyakarta, memperluas wawasan serta membangun jejaring dengan mahasiswa dari berbagai belahan dunia.

Dalam penutupan Summer Course ETSI 2024 Eko Handoyo, ST., M.T. selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa program ini adalah upaya konkret UNDIP dalam mendukung SDGs, menunjukkan bahwa inovasi di bidang teknik elektro dapat menjadi kunci dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Keberhasilan Summer Course ETSI 2024 tidak terlepas dari dukungan penuh dari seluruh civitas akademika UNDIP serta partisipasi aktif para peserta. Program ini telah berhasil menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif, mendorong para peserta untuk menjadi agen perubahan dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di masing-masing negara. Dengan menggelar acara seperti Summer Course ETSI 2024, UNDIP berperan aktif dalam membentuk pemimpin masa depan yang inovatif dan bertanggung jawab secara global.

Share this :

Category

Arsip

Related News