, ,

UNDIP dan Rumah Sakit Amal Sehat Sragen Luncurkan Greenhouse Wanadipa Dukung Inovasi Pertanian dan Keberlanjutan

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., meresmikan Greenhouse Wanadipa di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) UNDIP. Acara berlangsung pada hari Kamis (5/9/2024), dihadiri oleh Rektor Universitas Diponegoro, Ketua Senat Akademik, Wakil Ketua Majelis Wali Amanat, Pimpinan Rumah Sakit Amal Sehat Sragen, Ketua dan Anggota Dharma Wanita Persatuan UNDIP, Ketua dan Anggota Dharma Wanita Persatuan Kementerian Dinas Lingkungan Hidup, Kepala KHDTK Wanadipa UNDIP, Wakil Rektor, serta para Dekan.

Acara diawali dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor Universitas Diponegoro dan Pimpinan Rumah Sakit Islam Amal Sehat Sragen. Greenhouse Wanadipa yang merupakan program CSR dari Rumah Sakit Islam Amal Sehat Sragen adalah bagian dari komitmen UNDIP dan Rumah Sakit Amal Sehat Sragen untuk meningkatkan kualitas penelitian ilmiah dan pengembangan teknologi pertanian, serta mendukung keberlanjutan lingkungan. Greenhouse ini akan menjadi pusat penelitian bagi berbagai varietas tanaman dan teknologi pertanian modern.

Pimpinan Rumah Sakit Islam Amal Sehat Sragen, H. Untung Wiyono, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin dengan UNDIP. Ia berharap, dengan dibangunnya greenhouse ini, sustainability dapat terjaga. “Kami sangat senang dan berterima kasih kepada UNDIP atas kerja sama yang telah terjalin. Semoga ke depannya kita dapat terus bekerja sama dan mengembangkan kerja sama ini menjadi lebih besar lagi,” ujar H. Untung Wiyono.

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang luar biasa, sehingga kita sebagai manusia memiliki tanggung jawab besar untuk menjaganya. Kepedulian kita terhadap alam tidak hanya untuk diri kita saat ini, tetapi juga untuk generasi mendatang. Mari bersama-sama menjaga keindahan dan kekayaan alam Indonesia dengan tindakan nyata yang berkelanjutan.” kata Rektor UNDIP Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., saat memberikan sambutan.

Acara dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon secara simbolis. Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNDIP, Ketua dan Penasihat DWP Kementerian Dinas Lingkungan Hidup bersama-sama menanam pohon di area sekitar KHDTK sebagai simbol komitmen bersama terhadap pelestarian lingkungan dan keberlanjutan.

“Maksud dan tujuan kami datang ke Semarang, Jawa Tengah, adalah untuk melakukan pembinaan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia pada Dharma Wanita Persatuan Korwil UPT KLHK Jawa Tengah. Selain itu, kami juga memiliki program kerja di bidang sosial budaya, salah satunya adalah kegiatan penanaman bersama. Penanaman ini sangat penting untuk mengatasi efek negatif perubahan iklim dan meningkatkan jumlah oksigen di bumi, sehingga dapat meminimalkan dampak pemanasan global,” terang Lilia Alue Dohong, Penasihat DWP Kementerian Lingkungan Hidup.

Share this :

Category

Arsip

Related News