, , ,

UNDIP Sumbang Emas Ajang Peksiminas XVII Tahun 2024

Universitas Diponegoro – Semarang (7/9). Mahasiswa Universitas Diponegoro, Andrea Pramesti Putri dari Fakultas Psikologi semester 5 (lima) berhasil meraih medali emas menjadi juara 1 menyanyi lagu seriosa putri dalam ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVII tahun 2024 yang digelar di Universitas Negeri Jakarta pada 2 s.d. 7 September 2024. Prestasi yang diraih Andrea turut mengukuhkan kontingen dari Jawa Tengah menjadi juara umum Peksiminas 2024. Pada penampilannya, Andrea menyanyikan lagu wajib Perjumpaan (in memorium) dan lagu pilihan berjudul Elegie yang berhasil menyisihkan peserta lainnya dan berhasil meraih juara 1 (satu).

Peksiminas atau Pekan Seni Mahasiswa Nasional merupakan salah satu program pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni yang dikelola dan dikembangkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional Kementerian, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Setiap tahunnya BPTI menggelar ajang talenta di berbagai bidang. Dalam kerangka program Manajemen Talenta Nasional (MTN), Balai Pengembangan Talenta Indonesia melakukan pembinaan berkelanjutan untuk menghasilkan bibit-bibit talenta unggul di bidang-bidang Riset dan Inovasi; Seni dan Budaya; serta Olahraga. Salah satu program pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni adalah Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas).

Peksiminas XVII Tahun 2024 mengusung tema “Merdeka Berprestasi Talenta Seni Menginspirasi” menggelar 15 tangkai lomba yakni: menyanyi dangdut, menyanyi seriosa, menyanyi keroncong, menyanyi pop, vocal group, baca puisi, monolog, tari, penulisan cerpen, penulisan lakon, penulisan puisi, desain media kampanye sosial, lukis, komik strip dan fotografi yang diikuti oleh peserta mahasiswa yang direkomendasikan oleh BPSMI (Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia) Provinsi. Adapun panitia pelaksana Peksiminas XVII Tahun 2024 adalah BPSMI Provinsi DKI Jakarta.

Pada tangkai menyanyi lagu seriosa putri, juara 1 diraih Andrea Pramesti Putri mahasiswa UNDIP dari BPSMI Provinsi Jawa Tengah, disusul juara 2 dari ISI Yogyakarta dan juara 3 dari Universitas Tanjungpura. Kemenangan Andrea turut berkontribusi pada hasil yang mengukuhkan BPSMI Provinsi Jawa Tengah menjadi juara umum Peksiminas XVII Tahun 2024.

Mendampingi kontingen UNDIP pada Peksiminas XVII Tahun 2024 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan UNDIP, Edy Surahmad, S.Pd., M.Si. mengucapkan syukur atas kemenangan yang diraih Andrea Pramesti Putri yang berhasil menjadi juara 1 tangkai menyanyi lagu seriosa putri. “Alhamdulillah, UNDIP turut berkontribusi dengan menyumbangkan medali emas untuk kemenangan kontingen BPSMI Provinsi Jateng. Semoga prestasi yang diraih dapat memicu mahasiswa lainnya untuk berkarya dan berprestasi,” ujar Edy Surahmad. (Ut-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News