, ,

Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum UNDIP Ukir Prestasi pada Ajang 1st Thailand International Choral Festival 2024

Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Universitas Diponegoro  (UNDIP) kembali mengukir prestasi gemilang pada ajang 1st Thailand International Choral Festival 2024 (TICF 2024) yang diselenggarakan oleh Thailand Choral Association di Thailand Culutral Centre, Bangkok pada 3 s.d. 6 September 2024. Pada event tersebut, Satya Dharma Gita Choir meraih:

  1. Gold Medal & Winner Equal Adult Choir Category (Final Score 89,73)
  2. Gold Medal Folklore Choir Category (Final Score 84,78)
  3. Jury Prize “ The Excellent Artistic Programming”
  4. The Finalist of Grand Prize TICF 2024

Festival tersebut merupakan festival paduan suara yang bergengsi karena diikuti oleh lebih dari 25 paduan suara dari berbagai negara, seperti: Thailand, Indonesia, dan Filipina. Festival tersebut menghadirkan para juri dengan standar internasional dari Amerika Serikat, Norwegia, Yunani, Thailand, Indonesia, dan Filipina.

Pada ajang tersebut Satya Dharma Gita Choir berangkat dengan jumlah kekuatan sebanyak 30 orang yang dipimpin oleh Ketua Delegasi, yaitu: Amabel Jofena dan didampingi oleh Dosen Pembina, yaitu: Tity Wahyu, S.H., M.Hum. dan Kadek Cahya Susila Wibawa, S.H., M.H. Selama kegiatan TICF 2024 berlangsung, Satya Dharma Gita Choir dengan conductor FX Anggarda Tri Adhi Nugraha berkompetisi pada dua kategori yaitu: foklore category dan equal adult choir category.

Dekan Fakultas Hukum UNDIP, Prof. Dr. Retno Saraswati, S.H., M.Hum. mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi tersebut dan berharap semoga dengan pencapaian ini dapat memotivasi mahasiswa FH UNDIP lainnya untuk menyumbangkan prestasi dan mengharumkan nama UNDIP. “Alhamdulillah atas capaian prestasi gemilang yang membanggakan dari Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum. Semoga capaian ini dapat memberikan inspirasi dan memotivasi mahasiswa lainnya untuk lebih kreatif dan bersemangat dalam belajar, mengembangkan diri, dan mengasah kemampuan, serta terpacu untuk mengikuti lomba bergensi lainnya dan sukses menyumbang prestasi untuk UNDIP,” ucap Prof Retno.

Kadek Cahya Susila Wibawa, S.H., M.H. menyampaikan rasa syukur yang luar biasa, karena di tengah keterbatasan sumber daya manusia dan pendanaan, Satya Dharma Gita Choir masih mampu menunjukkan eksistensinya, masih mampu berkarya, dan berprestasi di tingkat internasional. Lebih lanjut disampaikan bahwa prestasi ini melengkapi prestasi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro yang juga mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dari FH UNDIP dari prestasi mahasiswa non akademik. Prestasi SDG Choir pada ajang TICF 2024 melengkapi prestasi yang sama yang diraih oleh SDG Choir pada ajang Bali International Choir Festival 2023; 32nd Praga Cantat 208 di Ceko.

Amabel Jofena menjelaskan bahwa mengikuti kompetisi ini selain untuk meraih prestasi, juga bermanfaat untuk pengembangan soft skill mahasiswa. Melalui proses latihan dan proses organisasi, secara tidak langsung kegiatan ini menggembleng mahasiswa untuk disiplin, menentukan skala prioritas, mengajarkan kebersamaan, pengelolaan emosi, meningkatkan kemampuan lobi, komunikasi aktif, dan lain sebagainya. Lebih lanjut Amabel Jofena menyampaikan ucapan terima kasih dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa; pihak Universitas Diponegoro; Dekan beserta jajaran Pimpinan Fakutas Hukum Universitas Diponegoro dibawah pimpinan Prof. Dr. Retno Saraswasti, S.H.,M.Hum; Segenap Civitas Academica FH UNDIP; Dosen Pembina PSM SDG FH UNDIP; Conductor; para sponsor (FIF group, IKA FH UNDIP, Alcona, Selection, Nature); Hasyim Asy’ari, S.H., M.Si., Ph.D. ; Dr. Ahmad Redi, S.H., M.H.; Keluarga Para Penyanyi SDG Choir; para donatur dan para alumni yang tidak dapat disebutkan satu per satu. (Kadek & As-Humas)


Share this :

Category

Arsip

Related News