Universitas Diponegoro

Dies Natalis ke-60 FPP UNDIP, Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk Berikan Orasi Ilmiah dan Sambangi Penerima Beasiswa

Semarang, 13 September 2024 – Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) UNDIP pada tanggal 01 September 2024 merayakan hari jadinya yang ke-60 tahun. Pada usianya yang ke-60 tahun FPP UNDIP menggelar banyak rangkaian acara untuk memberikan sumbangsih kepada masyarakat baik secara akademis maupun non akademis. Salah satu yang menjadi fokus utama dari rangkaian acara Dies Natalis ini adalah pada tanggal 13 September 2024, dimana secara khusus Presiden Direktur PT. Charoen Pokphand Indonesia (CPI) yaitu Dr. (HC) Tjiu Thomas Effendy, S.E., M.B.A. hadir ke FPP UNDIP untuk menyapa penerima beasiswa Charoen Pokphand Foundation Indonesia dan memberikan orasi ilmiah kepada segenap civitas academika yang ada di FPP UNDIP.

Pagi hari, dari pukul 09.00 hingga 11.30, bertempat di Hall Gedung F FPP UNDIP, Dr. (HC) Tjiu Thomas Effendy, S.E., M.B.A. bertemu dengan 50 mahasiswa penerima beasiswa CPI. Lima puluh mahasiswa ini tersebar dari Fakultas Peternakan dan Pertanian, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, dan PSDKU Kampus Batang. Tidak lupa pada acara tersebut dihadiri oleh alumni penerima beasiswa yang memberikan kesaksian akan manfaat yang mereka dapat sebagai awardee beasiswa CPI. Pada acara ini, para mahasiswa memberikan testimoni dan saran masukan terkait pengembangan beasiswa CPI secara langsung kepada jajaran pimpinan CPI. Berbagai masukan seperti pembentukan komunitas bagi penerima beasiswa, jalur khusus untuk seleksi di CPI, hingga pengembangan softskill diajukan. Lontaran para mahasiswa ini disambut hangat oleh Dr. (HC) Tjiu Thomas Effendy, S.E., M.B.A. yang berjanji akan memberikan yang terbaik bagi mahasiswa UNDIP. Terlebih UNDIP adalah universitas yang mendapatkan kuota beasiswa terbanyak di Indonesia dari CPI.

Pada kesempatan ini Rektor UNDIP, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. turut menyampaikan rasa terima kasih kepada CPI karena komitmen dan kerjasamanya dalam mengembangkan atmosfer akademik di UNDIP. “CPI telah turut serta membangun ekosistem akademis, mengajarkan mahasiswa dengan pengalaman praktik langsung. Pembangunan closed house, prima freshmart, program-program MBKM, dan rekrutmen langsung di UNDIP adalah bentuk nyata sumbangsih Pak Thomas dan tim” ujarnya.

Tidak berhenti pada acara bincang pagi, siangnya dari pukul 13.30-16.00, Dr. (HC) Tjiu Thomas Effendy, S.E., M.B.A. kembali menyapa ribuan mahasiswa yang memadati Gedung Prof. Soedarto.

Pada momen orasi ilmiah ini, Dekan FPP UNDIP, Prof. Sugiharto, S.Pt., M.Sc., Ph.D. berkomitmen menghasilkan inovasi yang berkelanjutan. Dalam sambutannya, Dekan FPP memiliki tekad untuk menjadi rujukan peternakan dan pertanian tropis di Indonesia dan terus meningkatkan rankingnya di kancah internasional.

Orasi Ilmiah ini menjadi spesial, mengingat sudah 5 tahun terakhir Dr. (HC) Tjiu Thomas Effendy, S.E., M.B.A. tidak pernah bersedia mengisi seminar. Namun, pada momen Dies Natalis FPP UNDIP, beliau secara khusus hadir dan berada di podium untuk sharing informasi dan pemikirannya. Dalam orasinya, beliau menyampaikan pidato dengan tema “Strategic Initiative Mewujudkan Kemitraan Jagung (Corn Partnership) Menuju Swasembada Jagung Untuk Pakan Ternak”. Beliau memaparkan tentang pentingnya penggunaan teknologi dan bagaimana menjalankan bisnis dari hulu hingga hilir.

“Banyak anak muda tidak lagi tertarik pada sektor peternakan dan pertanian karena dipandang kotor. Sekarang sudah saatnya menggunakan teknologi seperti drone agar lebih efisien dalam bekerja. Misal saja seperti ayng kami lakukan di CPI, mulai dari membangun kemitraan dengan petani jagung, hasilnya kemudian kami olah menjadi pakan berkualitas untuk ayam, ayam kemudian kami olah secara higienis hingga produk akhirnya bisa dinikmati di meja. Semua kami jalankan dengan teknologi, sudah saatnya kita semua bersinergi baik petani peternak, CPI, dan universitas. Kita bergandengan tangan mewujudkan peternakan dan pertanian Indonesia lebih baik lagi kedepannya” tutupnya.

 

Share this :
Exit mobile version