, ,

Pertamina Goes to Campus di UNDIP: Berikan Wawasan Energi dan Pembangunan

PT Pertamina Patra Niaga bekerja sama dengan Universitas Diponegoro (UNDIP) mengadakan Pertamina Goes to Campus (PGTC) pada Selasa (22/10) di Gedung Kewirausahaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP.

Acara turut dihadiri Rektor UNDIP, Wakil Rektor, Dekan Fakultas/Sekolah, Direktur SDM & Penunjang Bisnis PT Pertamina Patra Niaga, Vice President Stakeholder Relations and Management PT Pertamina (Persero), Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Executive General Manager PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, dan mahasiswa UNDIP bersama dengan perwakilan 15 perguruan tinggi di Semarang.

Roadshow Pertamina Goes to Campus adalah rangkaian acara dari program dan inisiatif Pertamina melalui subholdingnya untuk melakukan kunjungan dan berkegiatan di lingkungan kampus. Pertamina Goes to Campus ditujukan untuk meningkatkan pemahaman civitas academica tentang peran Pertamina dalam sektor energi dan pembangunan.

Melalui program ini, Pertamina berusaha untuk membangun kesadaran, meningkatkan keterlibatan, dan memfasilitasi kolaborasi antara perusahaan dan sektor akademisi. Dengan mengusung tema “Energizing The Future Together” untuk menggambarkan komitmen perusahaan dalam mengedukasi generasi mendatang tentang trilemma energi, rangkaian acara Pertamina Goes to Campus terdiri dari 4 (empat) kegiatan, yakni Energizing Talks, PGTC Exhibition Clusters, Sustainability Competitions, dan Campus Corner.

Rektor UNDIP Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Roadshow Pertamina Goes to Campus. Menurutnya, dengan adanya Pertamina Goes to Campus mahasiswa tidak hanya mendapatkan kuliah dari ruang kelas, namun juga wawasan langsung dari dunia industri, serta mengajak mahasiswa untuk terus menggali kemampuan dan potensi yang ada.

“Menurut World Economic Forum, terdapat 4 bidang yang menjadi masa depan kita. Pertama adalah bisnis, yang kedua adalah energi baru terbarukan, yang ketiga adalah IT, dan yang keempat adalah food and science technology. Jika kita bisa menguasai salah satu bidang tersebut, kita bisa memegang dunia,” kata Prof Suharnomo.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP Prof. Faisal, S.E., M.Si., Ph.D., mengaku bangga dan berharap kegiatan Pertamina Goes to Campus dapat memberikan manfaat kepada mahasiswa dan dosen terkait dengan isu sustainability.

“Di UNDIP dalam dua bulan ini secara aktif banyak berkolaborasi dengan berbagai instansi tentang sustainability energy, hal ini menunjukkan bahwa isu keberlanjutan energi memang sangat penting. Kegiatan PGTC ini menjadi salah satu kegiatan untuk mempersiapkan mahasiswa menerima estafet berikutnya mengenai sustainability energy, sesuai dengan SDGs ketujuh yaitu Energi Bersih dan Terjangkau,” jelas Prof Faisal.

Pada kesempatan yang sama, Direktur SDM & Penunjang Bisnis PT Pertamina Patra Niaga Mia Khrisna Anggraini mengajak mahasiswa untuk terus berinovasi sehingga dapat bermanfaat untuk saat ini dan masa depan.

“Kampus sudah memberikan wadah bagi mahasiswa untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk sekarang dan masa depan. Temukan karya inovatif yang bermanfaat dan dapat bernilai di masyarakat, karena yang hanya bisa membuat itu sudah banyak tetapi yang bermanfaat dan dapat bernilai di masyarakat itu yang akan menentukan posisi kalian di masa depan ada dimana. Kesempatan terbentang luas jika saja kalian punya formula yang tepat,” ungkap Mia.

Lebih lanjut Mia menjelaskan bahwa sangat penting bagi semua pihak untuk berkolaborasi dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia agar mampu menjadi tulang punggung Indonesia Emas 2045, khususnya ditengah berbagai tantangan di aspek energy equity dan sustainability. “Kita perlu memastikan generasi muda kita untuk unggul tidak hanya di aspek pengetahuan dan keterampilan, namun juga memiliki mindset dan perilaku pemimpin dan innovator,” jelas Mia.

“Melalui kegiatan Pertamina Goes to Campus, kami berharap dapat menginspirasi mahasiswa untuk memahami tantangan dan peluang di sektor energi, serta membekali mereka dengan wawasan yang relevan untuk memasuki dunia kerja,” tambahnya.

Pada kegiatan Pertamina Goes to Campus juga dilakukan penyerahan secara simbolis Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pembangunan Gedung Laboratorium Komputer Fakultas Teknik dari Pertamina kepada UNDIP dan penyerahan secara simbolis 1.000 Subscribes Kompas.id selama 1 tahun untuk peningkatan literasi digital dari Pertamina kepada 1.000 Mahasiswa UNDIP.

Share this :

Category

Arsip

Related News