UNDIP, Semarang (24/6) – Universitas Diponegoro (UNDIP) gelar UNDIP Grand Career Exhibition (UGCE) 2025 bertema “Build Your Future: Connect, Learn, Succeed” di Muladi Dome pada Selasa dan Rabu, 24-25 Juni 2025. Acara ini merupakan implementasi dari misi UNDIP untuk menghasilkan lulusan unggul dan kompetitif. Selain job fair dengan menghadirkan puluhan booth dari perusahaan ternama di Indonesia, pada UGCE 2025 juga terdapat sesi talk show dengan narasumber alumni UNDIP, walk-in interview, serta Layanan Konseling Karir yang dipandu oleh praktisi dari Fakultas Psikologi UNDIP.
Rektor UNDIP, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si. secara resmi membuka acara serta menyambut kehadiran alumni dan mahasiswa UNDIP. “Di sini kalian bisa ter-expose dengan dunia kerja. In order to survive, you have to be a qualified job-seeker or to be ready running your own business,” ucapnya.
UGCE 2025 juga bermitra dengan Kementerian Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (KP2MI) dan pada Kamis mendatang (26/6) akan dilaksanakan Job Fair “Global Migrant Fair” dan peresmian Migrant Center di UNDIP. Rektor UNDIP berkata, “Pekerjaan bagus ada yang di dalam dan juga di luar negeri. UNDIP dan KP2MI pada agenda mendatang juga menghadirkan Menteri P2MI, Abdul Karding dalam talk show yang akan menjelaskan tentang peluang kerja di luar negeri.”
Prof Suharnomo melanjutkan, “Terima kasih khususnya untuk para alumni UNDIP yang telah hadir dan juga mengisi survei pada Tracer Study UNDIP. Semoga bertemu rezekinya di sini dan semoga semua berjalan dengan baik.”
Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UNDIP, Edy Surahmad, S.Pd., M.Si. selaku Ketua Panitia menyebutkan bahwa acara ini adalah wadah untuk memberikan informasi seputar karir kepada alumni dan mahasiswa, dan juga memberi peluang bagi perusahaan untuk memberikan informasi dan strategi yang tepat sasaran.
Dalam acara ini juga hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang, Dr. Sutrisno, S.K.M., M.H.Kes. yang menyampaikan, “Atas nama Pemerintah Kota Semarang kami berterima kasih atas inisiasinya dan kami bangga menjadi bagian dari acara job fair di UNDIP. Semoga melalui kolaborasi ini dapat memberi manfaat dan menciptakan semangat generasi muda, lulusan UNDIP berdaya!”
Rangkaian acara UGCE 2025 dilanjutkan dengan sesi talk show bertajuk “Alumni Sharing Session: Preparing for Career Success since Becoming a Student University.” Hadir sebagai pembicara yaitu Direktur Jenderal Promosi dan Pemanfaatan Peluang Kerja Luar Negeri KP2MI, Dwi Setiawan Susanto, S.E., M.Si., Ak; EVP Transmisi Sumatera, Jawa, Madura dan Bali PT PLN (Persero), Tejo Wihardiyono, S.T., M.M.; dan CEO and Owner PT Naruna Ceramic, Naruna Space, and PT Gyant Kreatif Indonesia, Roy Wibisono Anang Prabowo, S.Si. Moderator diskusi ini yakni Wakil Direktur Layanan Kemahasiswaan dan Alumni UNDIP, Dr. Ir. Abdul Syakur, S.T., M.T., IPU.
Dwi Setiawan Susanto dari KP2MI menyebutkan dirinya merupakan lulusan FEB UNDIP dan juga tergabung dalam IKA UNDIP. Membuka sesi diskusi, Dwi Setiawan memberi semangat kepada seluruh alumni UNDIP untuk aktif dan berkiprah di semua lini. Dalam materinya berjudul “Peluang Kerja di Luar Negeri” dirinya menjelaskan tips dan prosedur bekerja di luar negeri. KP2MI pada saat ini memiliki koneksi untuk mempekerjakan TKI di 100 negara secara aman, pada berbagai sektor domestik dan profesional. “Yang pertama perhatikan kualifikasi, lalu skills sesuai bidang yang ingin dilamar. Untuk mahasiswa dan alumni UNDIP bisa konsultasi ke UNDIP Migrant Center setelah diresmikan besok Kamis. Di sini bisa juga mengambil pelatihan dan sertifikasi bahasa. Perhatikan negara yang ingin kita tuju dan yakinlah dalam mengambil peluang kerja di luar negeri untuk mendapat international experience.”
Narasumber dari PT PLN (Persero) dan alumni FT UNDIP, Tejo Wihardiyono menyampaikan materi tentang “Sikap Dasar dan Performa Bekal Karir di BUMN.” Sebagai salah satu BUMN, PT PLN (Persero) menghadapi tantangan transisi energi Net Zero Emission 2060, pengembangan bisnis baru dan juga penyetaraan teknologi. “Kompetensi rekan-rekan seperti di bidang keuangan, operasional, SDM, teknologi, dan keterbukaan sikap dalam bekerja sama, diperlukan untuk mencapai target perusahaan dan memberi kemanfaatan,” pesan Tejo.
Pembicara ketiga, Roy Wibisono Anang Prabowo juga merupakan alumni FSM UNDIP yang sukses menjadi entrepreneur di sektor produksi keramik. Dalam materi diskusinya “Menyiapkan Rencana Karir Sejak Mahasiswa,” dirinya menguatkan semangat peserta untuk mempersiapkan rencana karir dan kehidupan bahkan sejak di bangku kuliah. Namun demikian, perjalanan nyata dimulai dari setelah kelulusan. “Di manapun Anda berada, kesuksesan ada di tangan Anda. Maju terus, UNDIP dan Indonesia!,” pesannya.
Selain talk show, pojok Layanan Konseling Karir UGCE 2025 yang bekerja sama dengan tim Fakultas Psikologi UNDIP juga ramai dipadati pengunjung. Dalam wawancara bersama tim Komunikasi Publik UNDIP, dosen Fakultas Psikologi UNDIP, Dr. phil Dian Veronika Sakti Kaloeti, S.Psi., M.Psi. menyampaikan bahwa meskipun ini adalah kali pertama UNDIP dalam menyediakan Layanan Konseling Karir, sudah banyak peserta yang mengantri untuk layanan coaching.
“Dari alumni yang datang banyak masukan bahwa diskusi seperti ini sangat diperlukan. Para lulusan butuh link and match antara minat, bakat dan posisi yang akan dilamar. Kita bahas bersama apa saja yang sudah dilakukan, apa yang direncanakan, dan apakah portofolio sudah setara dengan industri yang diinginkan, dari saat magang sampai bekerja. Pencari kerja butuh diskusi yang sifatnya konkret agar tidak struggling di luar sana,” jelas Dr. Dian Veronika.
Rangkaian acara dan layanan yang tersedia di UGCE 2025 diharapkan dapat menjadi pusat informasi bagi seluruh peserta, baik alumni yang sedang mencari peluang kerja maupun mahasiswa yang membutuhkan insight untuk masa depan. Job fair, walk-in interview, dan Layanan Konseling Karir juga masih ada di hari kedua pada Rabu, 25 Juni 2025, dimeriahkan dengan company presentation dari beberapa bank BUMN. Informasi lebihh lanjut dapat diakses pada laman https://kemahasiswaan.undip.ac.id/undip-grand-career-exhibition-2025/. (Komunikasi Publik/UNDIP/Titis)