UNDIP Raih Juara 2 Media Sosial Terbaik Perguruan Tinggi dalam AMH 2025

UNDIP, Jakarta (12/11) – Universitas Diponegoro (UNDIP) menorehkan prestasi nasional dengan meraih Juara 2 Kategori Media Sosial Terbaik untuk Perguruan Tinggi dalam ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2025 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi). Dalam perlombaan ini UNDIP mengangkat komunikasi publik di media sosial tentang energi terbarukan yang menjadi salah satu program andalan UNDIP Bermartabat, UNDIP Bermanfaat.

Acara puncak digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Rabu (12/11/2025) malam, dan dihadiri ratusan insan kehumasan dari berbagai kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, dan perguruan tinggi negeri.

Dalam sambutannya, Menteri Komunikasi dan Digital, Meutya Hafid, menegaskan bahwa komunikasi publik merupakan bagian penting dari pembangunan nasional dan bukan sekadar tugas pelengkap birokrasi. “Komunikasi publik bukan sekadar tugas tambahan, tetapi merupakan denyut nadi pembangunan nasional. Profesi humas merupakan navigator kepercayaan publik yang menjadi jembatan antara negara dan rakyat,” ujar Meutya.

Ia manambahkan tema “Kolaborasi HUMAS Satu Suara untuk Indonesia Maju” menjadi relevan dengan situasi Indonesia hari ini. Saat informasi bergerak secepat kilat, tantangan terbesar bukan lagi menyebarkan informasi tapi bagaimana membangun narasi yang substansi dan juga berdampak dan mampu menggerakkan.

“Satu suara bukan berarti kehilangan identitas instansi, bukan juga membuat satu pesan menjadi sama semua, namun lebih kepada menyamakan irama, melakukan sinkronisasi sebagai inti dari pembangunan nasional agar pesan-pesan lebih mudah dimengerti dan agar pesan-pesan dapat sampai dengan efektif”, tambahnya.

Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Dr. Suharnomo, S.E., M.Si., menyampaikan apresiasi atas capaian dalam ajang ini. Prestasi ini merupakan bentuk pengakuan nasional atas kerja keras tim komunikasi publik UNDIP. Capaian ini tidak lepas dari sinergi antara tim komunikasi publik UNDIP dengan berbagai fakultas, pusat studi, dan mitra strategis yang bersama-sama mengomunikasikan inovasi dan kontribusi nyata UNDIP untuk bangsa. Ke depan upaya sinergi dengan komunikasi publik pemerintah akan terus kita tingkatkan untuk mendukung kepercayaan masyarakat pada program-program lembaga negara.

Sementara itu, Wakil Rektor IV bidang Riset, Inovasi, dan Kerja Sama dan Komunikasi Publik, Wijayanto, Ph.D. menambahkan, prestasi ini merupakan bentuk pengakuan nasional atas kerja keras tim komunikasi publik UNDIP. UNDIP memiliki banyak inovasi yang akan terus kita sampaikan kepada masyarakat melalui kanal media internal kita. Tagline UNDIP Bermartabat UNDIP Bermanfaat membawa semangat yang sama dengan Pemerintah yang saat ini sedang menggalakkan inovasi untuk membangun negara ini.

Direktur Jejaring Media, Komunitas, dan Komunikasi Publik UNDIP, Dr. Nurul Hasfi, M.A., menegaskan: “Kami mengangkat isu energi terbarukan yang dimiliki inovator UNDIP yang telah memberikan dampak, berkomitmen menghadirkan komunikasi publik yang kredibel, kontekstual, dan inspiratif. Media sosial menjadi ruang strategis bagi tim komunikasi publik untuk memperluas dampak riset, inovasi, dan nilai-nilai kemanusiaan yang diusung UNDIP,” ucapnya.

Sementara itu dalam laporannya, Direktur Jenderal Komunikasi Publik dan Media Komdigi, Fifi Aleyda Yahya menyampaikan, AMH 2025 diikuti oleh 350 perwakilan instansi pemerintah, termasuk kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN, BUMD, dan perguruan tinggi negeri. Tahun ini terdapat 190 instansi yang mendaftar dan 154 karya humas yang lolos tahap kurasi untuk dinilai oleh dewan juri.

Semua juri yang terlibat dalam penilaian memiliki integritas dan berasal dari kalangan media massa di Indonesia, diantaranya:

1. Kategori media sosial, Wicaksono, Praktisi Media Sosial.

2. Kemudian juri kategori website, Yura Shahrul, Pemimpin Redaksi Kata Data.

3. Kategori media audiovisual, Ratna Pinasti, Pemimpin Redaksi SCTV Indonesia.

4. Kategori penerbitan media internal, Haryo Damardono, Pemimpin Redaksi Harian Kompas.

5. Kategori media online cetak, Ratna Susilowati, Direktur Pemberitaan Rakyat Merdeka.

6. Kategori kampanye komunikasi publik, Umi Salamah, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial Politik Universitas Indonesia.

Capaian di AMH 2025 menjadi momentum bagi UNDIP untuk memperkuat peran strategis kehumasan dalam mendukung visi Asta Cita menuju Indonesia Maju. UNDIP menegaskan komitmennya untuk terus mengembangkan strategi komunikasi publik yang inovatif, akuntabel, dan berpihak pada kepentingan masyarakat luas. (Komunikasi Publik/ UNDIP/Nurul)

Share this :