, ,

Tim Jentayu Racing Plane UNDIP Berhasil Meraih Juara 2 Tingkat Regional I pada Ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023

Tim Jentayu Racing Plane Undip berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan dengan meraih Juara 2 tingkat Regional I dalam ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023 divisi Racing Plane yang diadakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI – Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia yang telah diselenggarakan pada 13 – 15 Agustus 2023 lalu secara daring. Dalam KRTI 2023 ini, ada 4 divisi yang diperlombakan, yaitu Racing Plane (RP), Fixed Wing (FW), Vertical Take-Off Landing (VTOL), dan Technology Development (TD). Khusus untuk Divisi Technology Development (TD), ada 6 tema yang diperlombakan, yaitu Tema Airframe Innovation (TDA), Tema Propulsion System Development dengan subtema Prime Mover (TDPM), Tema Propulsion System Development dengan subtema Electronic Speed Controller (TDPE), Tema Propulsion System Development dengan subtema Propeller (TDPP), Tema Flight Controller Development (TDF), dan Tema Ground Control Station (TDG).

Pada tahun 2023, khusus KRTI divisi Racing Plane (RP), diikuti oleh 50 tim dari 50 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Keseluruhan tim diseleksi terlebih dahulu di tingkat Regional dan selanjutnya tim akan diundang ke tingkat Nasional jika lolos seleksi. KRTI tingkat nasional rencananya akan dilaksanakan di Institut Teknologi Sumatera, Lampung.

Penghargaan yang berhasil ditorehkan oleh tim Jentayu Racing Plane Universitas Diponegoro adalah Juara 2 tingkat Regional 1 pada divisi Racing Plane (RP). Tim Jentayu Racing Plane sebagai perwakilan dari divisi Racing Plane Undip merupakan tim lintas bidang ilmu yang diketuai oleh Bobby Ezra Maulana Sadikin (Teknik Mesin), serta beranggotakan Ananda Hikmawan, Kelvin Gibran Arya Dwiangga, Abid Nanta Legowo (Teknik Elektro), Calvin Mahendra, Naufal Danadyaksa Kurniawan, Bryan Arifianto, Muhamad Aditya Nugraha, Yan Calvin Hanggara, Muhammad Rizqi Aunillah, Muhamad Ulil Ahkam, Faisal Maulana Iqbal (Teknik Mesin). Tim Jentayu Racing Plane secara langsung dibimbing oleh Dr. Eng. Munadi, S.T., M.T. dari Departemen Teknik Mesin dan Ir. Hadha Afrisal, S.T., M.Sc., IPP dari Departemen Teknik Elektro.

Dalam perlombaan yang sangat kompetitif di tingkat regional, tim Jentayu Racing Plane Undip mampu bersaing dengan tim-tim terbaik perwakilan dari perguruan-perguruan tinggi di Indonesia, serta sukses menampilkan performa terbaiknya. Hal ini tentu menunjukkan keunggulan teknologi dan inovasi yang dimiliki oleh tim robot terbang Undip. Jentayu Racing Plane berhasil mencatatkan waktu terbang selama 20 detik untuk menempuh jarak 500 meter sembari membawa beban sebesar 820 gram. Hal ini membuat Jentayu Racing Plane berhasil menyabet Juara 2 setelah berhasil mengungguli 18 tim lainnya yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia bagian barat dari segi kecepatan waktu terbang.

Ketua tim Jentayu Racing Plane, Bobby Ezra Maulana Sadikin, mengungkapkan bahwa ia beserta anggota timnya merasa gembira atas pencapaian ini. Mereka bangga karena telah membentuk sebuah tim yang solid dan kompak seperti sebuah keluarga, yang dengan penuh semangat dan kerjasama tim akhirnya membawa mereka menjadi juara. Meskipun baru terbentuk dari tahun 2020, mereka berharap Jentayu Racing Plane mampu menorehkan prestasi kembali di tingkat nasional nantinya sehingga dapat mengibarkan bendera Universitas Diponegoro di ajang Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023 tingkat Nasional di Lampung.

Keberhasilan meraih Juara 2 tingkat Regional 1 ini menjadi bukti kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh tim Jentayu Racing Plane serta Universitas Diponegoro dalam bidang robot terbang. Bobby Ezra Maulana Sadikin sebagai ketua tim KRTI Jentayu Racing Plane Undip beserta tim juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing dan pihak Universitas Diponegoro yang telah memberikan dukungan dan fasilitas yang memadai dalam persiapan kompetisi ini.

Selain tim Jentayu Racing Plane, tim robot terbang Undip pada cabang divisi KRTI yang lain juga mampu menunjukkan performa yang sangat baik. Tim Jentayu Copter (divisi Vertical Take-Off Landing (VTOL)) dan tim Jentayu TD (divisi Technology Development dengan tema Airframe Innovation (TDA)) berhasil lolos seleksi tingkat regional dan akan mengikuti Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) tingkat Nasional di Lampung nanti. Dengan semangat dan motivasi yang tinggi, tim Jentayu Racing Plane dan seluruh tim robot terbang Undip akan terus mengembangkan kemampuan dan partisipasinya dalam berbagai kompetisi robot terbang lainnya, dengan harapan mampu meningkatkan prestasi baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional di tahun-tahun mendatang. Selamat dan sukses selalu untuk Tim Jentayu Racing Plane dan Tim Robot Terbang Undip!

 

Share this :

Category

Arsip

Related News