, ,

Kapal KH Nusantara UNDIP Siap Berlaga pada Kompetisi Yanagawa Solar Boat di Jepang

Universitas Diponegoro (UNDIP) menggelar acara pelepasan tim Ksatria Hydros, Hydrotech UNDIP dan launching kapal KH Nusantara pada Jumat, 21 Juni 2024 di Gedung Dekanat Fakultas Teknik UNDIP, Semarang. Pada acara ini, kapal KH Nusantara ditampilkan perdana di depan Rektor UNDIP yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dekan Fakultas Teknik UNDIP, jajaran dosen Fakultas Teknik UNDIP dan tamu undangan.  KH Nusantara merupakan inovasi kapal terbaru dari tim Ksatria Hydros, Hydrotech UNDIP beranggotakan mahasiswa Teknik Perkapalan UNDIP yang akan membawa KH Nusantara untuk berkompetisi pada Yanagawa Solar Boat Competition, di kota Yanagawa, Perfektur Fukuoka, Jepang.

Yanagawa Solar Boat Competition merupakan ajang promosi pembangunan kota unik di Yanagawa, Jepang dengan memanfaatkan lingkungan tepi sungai dan penggunaan energi surya secara efektif. Kompetisi perahu tenaga surya dengan pemanfaatan sel surya ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan permasalahan lingkungan dan energi, serta penggunaan energi air dan matahari secara maksimal.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNDIP, Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. mewakili Rektor UNDIP menyampaikan, “Pembuatan prototipe ini menggunakan monodisplin, artinya hanya dilakukan oleh mahasiswa Teknik Perkapalan. Ke depannya, akan lebih baik jika dilakukan sinergi dengan keilmuan teknik lain yang ada di Fakultas Teknik UNDIP.” Prof. Heru juga menyampaikan harapan agar Tim Ksatria Hydros, Hydrotech UNDIP memperoleh hasil yang terbaik dan usaha yang telah dilakukan berbuah manis.

Sementara Dekan Fakultas Teknik UNDIP, Prof. Dr. Jamari, S.T., M.T. memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim Ksatria Hydros, Hydrotech UNDIP. “Terima kasih atas perjuangan adik-adik mahasiswa, bawa nama baik Indonesia dan Universitas Diponegoro di kancah internasional,” katanya.

Dalam laporannya, Ketua Tim Hydrotech UNDIP, Lilik Achmad Prasetyo menjabarkan inovasi teknologi kapal berbasis teknologi sel surya ini. KH Nusantara merupakan solar boat (kapal bertenaga surya) buatan Tim Ksatria Hydros, Hydrotech UNDIP yang menggunakan teknologi terobosan baru di bidang perkapalan yang tentunya memperkaya riset industri maritim. Harapannya, KH Nusantara dapat berpacu dalam kompetisi Yanagawa Solar Boat Competition di Jepang pada tanggal 28 Juli 2024 mendatang dan meraih pencapaian yang membanggakan. (Titis/Sahila – Public Relations)

Share this :

Category

Arsip

Related News