, ,

Mahasiswa KKN UNDIP Siapkan Desa Jagan Go Digital

Jagan, 22 Juli 2024Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP), Maria Fransiska Br Simbolon dari program studi Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis bersama tim mengadakan pelatihan bersama perangkat Desa Jagan dalam rangka optimalisasi konten kreatif di media sosial Instagram sebagai upaya branding dan promosi desa. Pelatihan ini dilaksanakan di Balai Desa Jagan, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo dengan sasaran utama admin atau pengelola akun Instagram @pemdes_jagan pada hari Senin (22/07/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perangkat desa dalam mengelola media sosial, sehingga dapat memaksimalkan potensi promosi dan branding Desa Jagan melalui platform Instagram.

Dalam pelatihan tersebut, mahasiswa KKN memberikan panduan mengenai pentingnya sosial media Instagram hingga langkah-langkah dalam branding yang meliputi penelitian dan pengamatan, pembuatan konten yang menarik, promosi dan kolaborasi, serta monitoring dan evaluasi. Siska juga mengajarkan penggunaan fitur-fitur Instagram, penggunaan Canva sebagai tools desain, hingga memberikan tips untuk meningkatkan interaksi dengan audiens.

Teguh Prasetyo sebagai pengelola akun Instagram @pemdes_jagan sangat mengapresiasi program kerja ini. Menurutnya, panduan dalam mengelola media sosial sangat dibutuhkan untuk membranding desa Jagan, khususnya karena saat ini desa Jagan belum mempunyai buku panduan terkait social media management. “Terima kasih Mbak Siska yang telah melaksanakan pelatihan ini. Panduan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk mengelola Instagram @pemdes_jagan. Kami juga sangat senang karena program kerja ini dilakukan diawal penerjunan KKN, sehingga masih ada waktu semisal ingin bertanya langsung,” ujar Prasetyo.

Pelatihan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis booklet “Panduan Branding Media Sosial Instagram Desa Jagan” kepada Mariyo selaku Kepala Desa Jagan pada Rabu (24/07/2024).

Siska selaku mahasiswa KKN Undip berharap, melalui pelatihan ini, Desa Jagan dapat semakin dikenal dan menarik minat wisatawan serta investor. Siska juga siap mendampingi perangkat desa jika ada kendala atau pertanyaan lebih lanjut terkait pengelolaan media sosial selama masa KKN berlangsung.

Dengan adanya program pelatihan ini, diharapkan Desa Jagan dapat semakin berkembang dan dikenal luas melalui platform digital, khususnya Instagram. Upaya ini merupakan bagian dari kontribusi mahasiswa KKN Undip dalam membantu mengembangkan potensi desa-desa di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi dan media sosial.

Share this :

Category

Arsip

Related News