, ,

2nd Summer Course Tropical Ecodive: Mengenal ekosistem bawah air Karimunjawa

2nd Summer Course Tropical Ecodive adalah kegiatan pengenalan ekosistem laut tropis khususnya ekosistem terumbu karang dan ekosistem pesisir lainnya dengan membekali peserta untuk menguasai selam SCUBA dan Scientific Diving (Selam Ilmiah). Program training selam tahunan ini diselenggarakan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro pada 16-28 Agustus 2024 di Semarang dan perairan Karimunjawa, Jepara.

Program yang awalnya berlabel Introduction to Scientific Diving kerjasama dengan Kwansei Gakuin University, Hyogo, Jepang ini dilaksanakan pertama kali pada 2016 dan sempat terhenti karena pandemic Covid-19 dan tahun 2023 program ini direlease sebagai Summer Course EcoDive (SCED) dengan peserta diperluas.

Program tahun ini diikuti 4 orang mahasiswa Kwansei Gakkuin University, Hyogo Jepang yg didampingi 2 orang professor, 3 orang mahasiswa Universitas Diponegoro, 1 orang mahasiswa Unika Soegijopranoto, 2 orang mahasiwa Universitas Jenderal Soedirman.

Kegiatan summer course ini dibuka oleh Dekan FPIK dilanjutkan dengan penyampaian materi (teori) dari beberapa Guru besar dan Dosen senior FPIK UNDIP tentang flora dan fauna laut, termasuk pengenalan ekosistem terumbu karang, dan mangrove serta teori selam SCUBA.

Selanjutnya peserta akan melanjutkan acara utama yaitu pelatihan menyelam di Kepulauan Karimunjawa, dipandu oleh instruktur selam ilmiah bersertifikat dari Association of Diving School International (ADSI) Indonesia yaitu seorang instruktur Open Water Diver; seorang instruktur Sientific Diver dan seorang Dive Master.

Summer Course EcoDive 2024 ini terdiri atas 2 kelas, yaitu Open Water Diver dan Scientific Diver.

Kelas teori dilakukan di kampus FPIK Undip Semarang sedangkan kelas praktik berupa ketrampilan kolam (confined water) dilaksanakan di Kolam Renang D’Season Hotel Karimunjawa dan latihan perairan terbuka (open water) dilakukan di perairan pulau-pulau kecil Karimunjawa, Kab Jepara. Setelah menyelesaikan training penyelaman ini sebanyak 8 (delapan) orang telah mendapatkan sertifikat selam Open Water Diver, 4 (empat) orang memperoleh sertifikat selam Basic Scientific Diver, dan 2 (dua) orang bersertifikat Intermediate Scientific Diver.

Share this :

Category

Arsip

Related News