, ,

UNDIP Berperan dalam Pameran Hasil Riset dalam Rangka Penguatan Jejaring Sentra Riset Alat Kesehatan

Universitas Diponegoro sebagai Universitas berbasis riset, dalam upaya hilirisasi dan hulunisasi hasil riset dan inovasi mengikuti kegiatan Pameran Hasil Riset dalam Pertemuan Koordinasi dalam rangka Penguatan Jejaring Sentra Riset Alat Kesehatan dalam upaya meningkatkan akses, kemandirian dan mutu alat kesehatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI pada hari Rabu – Kamis, 12 – 13  Juli 2023 di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah yang diikuti oleh 14 (empat belas) perguruan tinggi di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Swiss German University, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanudin, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret dan Universitas Sumatra Utara.

Kegiatan ini terselenggara untuk membangun ekosistem riset dan pengembangan yang terintegrasi antara akademisi, swasta dan pemerintah, dimana penelitian dan pengembangan alat kesehatan dapat diarahkan pada riset yang mendukung kemandirian alat kesehatan, salah satunya melalui jejaring sentra riset alat kesehatan.

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono sangat antusias dengan produk-produk inovasi alat kesehatan UNDIP dalam kunjungannya ke Booth Undip. Universitas Diponegoro melalui Pusat Rehabilitasi Robotik dan Inovasi Alkes RSND – CBIOM3S Undip  ikut berpartisipasi  dengan menampilkan produk hasil riset diantaranya adalah  Robot Terapi Siku,  yang digunakan untuk terapi siku pada pasien pasca stroke , membantu latihan luas gerak sendi (LGS) dan penguatan otot sendi pada pasien pasca stroke dengan mode yang dapat diatur melalui OS robot ini. Esar Foot Prosthesis singkatan dari Energy Storage And Return Foot Prosthesis yang diharapkan mampu meningkatkan kinematika berjalan dan mengurangi pengeluaran energi metabolisme . MyoM3S ( Myometer CBIoM3S), merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengecek dan mengukur kekuatan kontaksi otot, membantu dokter mengevaluasi kinerja dari waktu ke waktu. Robot Terapi yang digunakan untuk terapi jari pada pasien pasca stroke.

Filly Hand adalah salah satu produk tangan buatan yang mengusung teknologi biomechanic dengan mengedapnkan fungsi serta manfaat bagi penggunanya. Filly Hand hadir untuk membantu orang orang disabilitas khususnya yang pernah melakukan amputasi, baik akibat kecelakaan ataupun penyakit pada bagian tangan. Digital Stethoscope adalah produk yang diharapkan menjadi solusi permasalahan auskultasi bagi penyakit menular dan dapat membantu keberjalanan telemedicine di Indonesia. Elektrokardiogram, adalah tes untuk mengukur aktifitas elektrik atau kelistrikan jantung. Tes EKG ini bisa mengetahui kelainan pada jantung pasien.

Pameran ini berjalan dengan baik dan lancar, yang akan dilanjutkan dengan program Business Matching yang diharapkan dapat mempertemukan para inovator Undip dengan Mitra Industri yang kompeten di bidangnya.

Ket Foto: Robot Terapi Siku

Share this :

Category

Arsip

Related News