, ,

Dewan Profesor UNDIP Bahas Penguatan Nasionalisme melalui Gerakan Apresiasi Seni

Dewan Profesor Senat Akademik Universitas Diponegoro (UNDIP) menyelenggarakan kegiatan Webinar “UNDIP’s Professor Talk” Curah Pikir Dewan Profesor Senat Akademik Universitas Diponegoro pada Kamis, 22 Agustus 2024 pukul 13.00 WIB secara daring melalui Zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui Official Youtube UNDIPTV dengan tema “Penguatan Nasionalisme melalui Gerakan Apresiasi Seni”.

Mewakili Ketua Dewan Profesor UNDIP, acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dewan Profesor UNDIP Prof. Dr. Denny Nugroho Sugianto, S.T., M.Si. Dalam sambutannya, Prof Denny mengatakan bahwa pada tema webinar kali ini merupakah salah satu wujud nyata dari kepedulian Guru Besar terhadap penguatan nasionalisme melalui gerakan apresiasi seni. “Webinar ini merupakan salah satu bagian dari bentuk kepedulian dari para Guru Besar di Universitas Diponegoro dan Guru Besar lainnya,” ucapnya.

“Kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk mewariskan nilai-nilai seni dan budaya kita kepada generasi penerus. Selain itu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi saat ini sangat pesat, sehingga kadang kadang generasi muda itu perlu diingatkan,” tambah Prof Denny.

Menurutnya, bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai budaya dan seni yang luhur sehingga perlu sebuah cara untuk meningkatkan nilai-nilai budaya dan seni tersebut menjadi sebuah nilai nasionalisme.

“Pada beberapa acara nasional kadang kita menyisipkan nilai-nilai seni seperti tarian, puisi, pantun, dan sebagainya. Hal ini menjadi salah satu bentuk tanggung jawab kita untuk menguatkan nilai nasionalisme melalui seni,” kata Prof Denny.

Selain itu, menumbuhkan minat dan semangat nasionalisme melalui seni juga memerlukan ketersediaan sarana dan prasarana. Sarana dan prasarana seperti Gelora Seni dan Budaya ini menjadi wadah untuk pertunjukan berbagai kegiatan seni.

“Kita mempunyai kewajiban tentang bagaimana sarana dan prasarana bisa kita pertahankan, bagaimana sarana dan prasarana bisa kita kuatkan, bagaimana sarana dan prasarana bisa menjadi salah satu wadah yang bisa kita gunakan secara bersama-sama untuk saling bersilahturahmi, untuk saling berinteraksi, saling mengembangkan inovasi-inovasi dibidang kesenian,” jelasnya,

Ketua Komisi C Dewan Profesor UNDIP Prof. Dr. Abdul Rohman, S.E., M.Si., menjelaskan bahwa topik webinar kali ini sangat menarik karena bertepatan dengan momen peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Forum ini untuk mendiskusikan beberapa hal tentang wujud nilai nasionalisme yang bisa diimplementasikan melalui seni, faktor pendukung dan faktor penghambat dari implementasi nilai-nilai nasionalisme melalui seni, serta upaya yang dilakukan mengatasi kendala yang ada dalam implementasi nilai-nilai nasionalisme melalui seni tersebut,” ujar Prof Abdul Rohman.

Webinar yang dimoderatori oleh Prof. Dr. Endang Susilowati, M.A. ini mengundang 3 (tiga) narasumber, yaitu Prof. Dr. Mustofa Agung Sardjono, IPU., Guru Besar dari Universitas Mulawarman yang menyampaikan materi tentang Sisipkan Nada dalam Data; Prof. Dr. dr. Hardhono Susanto, PAK Guru Besar dari Fakultas Kedokteran UNDIP yang menjelaskan tentang Hakikat Wayang dalam Tontonan dan Tuntunan; dan Prof. Dr. Drs. Dhanang Respati Puguh, M.Hum. Guru Besar dari Fakultas Ilmu Budaya UNDIP yang menyampaikan materi mengenai Revitalisasi Seni Pertunjukan.

Share this :

Category

Arsip

Related News