, ,

BNPT RI Beri Edukasi Mahasiswa Baru FH UNDIP Cegah Terorisme dan Radikalisme

Fakultas Hukum Universitas Diponegoro mengundang narasumber dari Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme  (BNPT) RI untuk mengisi kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru dan Pendidikan Karakter (PKKMB dan PENDIKAR) pada Selasa, 13 Agustus 2024, di halaman Gedung Prof. Dr. Satjipto Rahardjo, S.H.

Mayor Jenderal TNI Roedy Widodo, selaku Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT RI menegaskan bahwa pembekalan ini penting untuk membentuk kesadaran mahasiswa dengan membentuk resiliensi individu, komunitas, masyarakat, hingga terbentuk resiliensi nasional terhadap terorisme dan radikalisme. “Dengan pengetahuan mengenai pencegahan terorisme dan radikalisme, apabila telah muncul gejala-gejala ancaman yang tidak sesuai dengan peri kehidupan bangsa dapat dicegah lebih awal,” ucapnya.

Menurutnya, konsep penanggulangan terorisme ini penting untuk dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat, agar tercipta ketahanan nasional yang dinamis. Strategi nasional penanggulangan terorisme yaitu melalui strategy 5P (Prevention, Preparedness, Protection, Pursue & Eradicate, dan Partnership). Adapun penguatan strategi simultan penanggulangan terorisme dengan cara membangun ketahanan publik (public awareness, public engagement, multistakeholders collaboration) dan penegakan hukum yang tegas & proaktif.

Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Retno Saraswati, S.H., M.Hum. mengungkapkan harapannya untuk mahasiswa baru agar dapat memahami bahaya terorisme dan radikalisme. Ia berharap setelah mendengar materi dari Mayor Jenderal TNI Roedy Widodo, mahasiwa FH UNDIP mampu menghindari hal-hal yang dapat menjerumus kepada terorisme dan radikalisme di kampus dan lingkungan sekitar. “Kami berharap mahasiswa kami memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan bisa terhindar dari pengaruh radikalisme dan terorisme,” pungkasnya. (Sahila/As-Humas)

Share this :

Category

Arsip

Related News