Universitas Diponegoro

UNDIP Selenggarakan Workshop Pemanfaatan Database Scopus, Sciencedirect, dan Proquest untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah

Undip menyelenggarakan workshop Pemanfaatan Database Scopus, ScienceDirect, dan Proquest untuk meningkatkan publikasi ilmiah internasional di lingkungan Universitas Diponegoro serta dalam rangka memperluas pengetahuan mengenai jurnal-jurnal yang dilanggan oleh Undip, pada hari ini Rabu 30 Agustus 2023, bertempat di Ruang Pertemuan Lt. 4 UPT Perpustakaan dan Undip Press.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua sesi, sesi pertama pukul 08.30-11.30 WIB dan sesi kedua pukul 12.00-15.00 WIB. Workshop ini diikuti oleh civitas academica Universitas Diponegoro meliputi para mahasiswa S1, S2, hingga S3. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor bidang Komunikasi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin., Ph.D.

“Tujuan acara ini salah satunya adalah untuk memperluas kemampuan dan pengetahuan kita tentang pemanfaatan jurnal yang dilanggan Undip. Workshop ini juga menjadi satu kegiatan yang selalu akan kita tumbuh kembangkan seiring dengan usaha kita menjadikan Undip sebagai World Class University,” ungkap Prof Budi dalam sambutannya.

Dalam materinya, narasumber Dwi Janto Suandaru, salah satu agen Scopus, menjelaskan tentang pemanfaatan database. “Proquest ini menyimpan informasi yang sangat berharga, Proquest ini memiliki cakupan yang luas serta beragam, baik arsip sejarah hingga terobosan ilmu pengetahuan terbaru. Proquest mengemasnya dengan teknologi digital yang meningkatkan hasil pencarian dan pengelolaannya,” jelas Dwi Janto.

“Lebih dari 26.000 perpustakaan dari 150 negara menggunakan Proquest. Salah satunya adalah Universitas Diponegoro. Dan 98% dari 400 top university memiliki/berlangganan referensi ilmiah dari Proquest”. Ungkap Dwi Janto.

Proquest merupakan sebuah database yang digunakan sebagai bahan referensi penelitian oleh Perguruan Tinggi, Perusahaan, Lembaga Pemerintahan, Sekolah, serta Perpustakaan umum, dan juga oleh para peneliti. Lebih dari 130 juta Mahasiswa dan peneliti memiliki akses ke Proquest. Dan juga, lebih dari 9 ribu Penerbit dan Conten Providers berpartner dengan Proquest.

Workshop ini diharapkan dapat memberi wawasan tambahan bagi peserta. Serta jurnal-jurnal internasional yang telah dilanggan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh civitas academica Undip.(Nadella/Hanang/As-Humas)

Share this :
Exit mobile version