, , ,

FPP UNDIP Latih Peternak Boyolali Produksi Konsentrat

Tim Dosen Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro (FPP UNDIP), Rabu 5 Juni 2024 telah mengadakan pelatihan pembuatan konsentrat untuk ternak ruminansia di Boyolali. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di KWT Rukun Makmur, Desa Musuk, Kecamatan Musuk Kabupaten Boyolali. Dr. Ir. Mulyono, M.Si, selaku ketua Tim menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini diselenggarakan atas permintaan petani peternak yang menghadapi permasalahan dalam penyediaan pakan berkualitas. Untuk itu Tim dari Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Pakan FPP UNDIP memberikan bantuan pendampingan dan pelatihan langsung di lokasi.

Ketua KWT, Surani mengungkapkan bahwa pelatihan pembuatan konsentrat ini sangat dibutuhkan mereka guna meningkatkan produktivitas ternak yang dipelihara, yaitu kambing, domba dan sapi. “Jika ternak kami berikan pakan rumput dan konsentrat pabrikan, maka ternaknya cepat gemuk-gemuk. Tapi harga konsentrat pabrikan relatif mahal. Kami ingin bisa membuat sendiri agar bisa lebih ekonomis” kata Surani.

Prof. Joelal Achmadi, guru besar UNDIP bidang Nutrisi Pakan Ruminansia dalam penjelasannya menyampaikan pentingnya mencari bahan pakan lokal sebagai komponen penyusun konsentrat, agar harga konsentrat lebih murah. “Tentunya harus melalui pengolahan terlebih dahulu, untuk meningkatkan nilai nutriennya” jelas Joelal.

Agung Subrata, S.Pt., M.P., dosen FPP UNDIP memberikan bimbingan langsung dalam praktek pembuatan konsentrat dalam kegiatan pelatihan ini. “Tahap awal adalah persiapan bahan-bahan pakan yang telah diformulasi untuk konsentrat, kemudian dilakukan pencampuran dengan baik, agar seluruh bahan pakan dapat tercampur secara merata” , jelas Agung yang langsung dipraktekkan oleh peserta pelatihan.

Konsentrat yang dibuat oleh peternak hasil kegiatan pelatihan langsung diujicobakan ke ternak sapi dan kambing. “Luar biasa, konsentratnya dimakan lahap dan langsung ludes” ungkap Surani semangat.

Kegiatan pelatihan pembuatan konsentrat ini adalah merupakan kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh FPP UNDIP secara berkesinambungan sebagai bentuk sinergitas antara Perguruan Tinggi yaitu FPP UNDIP dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Boyolali. Kegiatan akan dilanjutkan dengan pelatihan pengolahan dan pengawetan bahan pakan guna mewujudkan lumbung pakan, termasuk pelatihan budidaya maggot untuk penyediaan protein pakan bagi ternak unggas.

Pendampingan di KWT Rukun Makmur direncanakan hingga ke pelatihan pemasaran produk peternakan dan pertanian yang dihasilkan secara online.  FPP UNDIP juga telah melakukan kegiatan pendampingan di KTT Tunas Muda, desa Karangnongko Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali sejak 2020 hingga saat ini.

Share this :

Category

Arsip

Related News